• Jumat, 9 Desember 2022

Hoax! Pesan Suara Catut Nama BMKG Sebut Akan Terjadi Gempa di Waduk Cirata dan Erupsi Gunung Gede

- Rabu, 23 November 2022 | 07:39 WIB
Berita hoax terkait gempa yang mencatut BMKG meresahkan masyarakat. (Muhammad Naufal Subhiansyah/Pixabay)
Berita hoax terkait gempa yang mencatut BMKG meresahkan masyarakat. (Muhammad Naufal Subhiansyah/Pixabay)

KABAR ALAM – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa pesan suara (voice note) yang berisi kabar akan terjadi gempa besar di Waduk Cirata dan erupsi Gunung Gede akibat gempa adalah bohong (hoax).

Melalui akun Instagram resminya, BMKG menulis, ”Pesan suara mengatasnamakan BMKG, bahwa akan terjadi gempa besar di Waduk Cirata…adalah berita bohong (hoax)”.

“Jika anda mendapatkan pesan suara mengatasnamakan BMKG maka kami pastikan itu adalah Hoax,” cuit akun tersebut, Rabu 23 November 2022.

BMKG Stasiun Geofisika Bandung pun telah mengeluarkan press release terkait dengan pemberitaan tidak benar terkait gempa bumi yang tersebar luas dan meresahkan masyarakat ini.

Dalam rilis tersebut BMKG Stasiun Geofisika Bandung menyatakan bahwa ada dua temuan informasi yang meresahkan dan beredar masyarakat yang mencatut nama lembaga BMKG.

Baca Juga: Ini Penjelasan Pakar ITB Mengapa Gempa Cianjur Sebabkan Kerusakan Masif

Pertama, informasi yang menuliskan, “Ijin melaporkan komandan situasi Terkait tingkat kewaspadaan info BMKG dan BNPB Tingkat waspada Tinggi Wilayah Sukabumi aktivitas Yang dilewati Garis Pergerakan Sesar Cimandiri 1 Minggu Kedepan 1. Pelabuhan Ratu dan sekitarnya 2. Cibadak dan sekitarnya 3. Cicantayan dan Cibolang 4. Sukaraja dan sekitarnya 5. Sukalarang dan sekitarnya 6. Baros dan sekitarnya 7. Salabintana dan sekitarnya 8. Kadudampit dan sekitarnya. Himbauan bagi warga tetap waspada dan tidak panik serta tak berpergian dari rumah masing-masing untuk menjaga keamanan tempat tinggal masing-masing. Terimakasih Muspika & Muspida Kota Sukabumi

Kedua, "Voice note yang mengatasnamakan BMKG mengenai adanya pergeseran lempeng mengarah ke waduk Cirata, prediksi BMKG mengenai letak lempengan di paling ujung dekat waduk Cirata ataupun tentang adanya cahaya seperti api menyala di Gunung Gede yang menyebabkan terjadinya erupsi Gunung Gede yang mengakibatkan adanya gempa bumi di wilayah Kp Singa Barong dan Kp Sarongge, Kabupaten Cianjur."

Baca Juga: Update Korban Gempa Cianjur: 268 Orang Meninggal, 1.083 Luka-luka, dan 58.362 Orang Mengungsi

Halaman:

Editor: Yudi Noorahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X