• Jumat, 9 Desember 2022

Begini Janji Jokowi untuk Korban Gempa Bumi Bermagnitudo 5.6 SR di Cianjur

- Selasa, 22 November 2022 | 17:03 WIB
Jokowi berjanji akan memberikan bantuan kepada korban gempa, jumlah bantuan beragam mulai dari 10 juta hingga 50 juta, tergantung kerusakan. (Dok. Humas Pemkab Cianjur)
Jokowi berjanji akan memberikan bantuan kepada korban gempa, jumlah bantuan beragam mulai dari 10 juta hingga 50 juta, tergantung kerusakan. (Dok. Humas Pemkab Cianjur)

 

KABARALAM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi terdampak bencana gempa bumi berkekuatan 5,6 SR di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (22/11/2022).

Adapun lokasi pertama yang ditinjau Presiden adalah jalan raya Cibeureum, yang merupakan penghubung wilayah Bogor-Cianjur di Kecamatan Cugenang yang sempat tertimbun longsor. Namun kini jalur tersebut sudah bisa dilalui kendaraan.

Usai melakukan peninjauan langsung ke lapangan, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan duka cita atas musibah gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) kemarin.

Baca Juga: Freeport dan Yatamam Resmikan Pusat Transformasi Bersama Pengolahan Limbah Konstruksi Smelter di Gresik

Bencana gempa yang menelan korban jiwa tercatat Badan Pengelolaan Bencana Daerah Kabupaten Cianjur (BPBD) mencapai 162 jiwa. Kemudian 326 luka berat dan ringan, 2.345 rumah rusak berat, 13.400an pengungsi.

“Pertama-tama atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat,” ucap Presiden seperti yang dikutip tim KABARALAM.com dari laman setkab.go.id.

Selanjutnya, Presiden juga memastikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi. Bantuan tersebut terdiri atas Rp50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, Rp25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan Rp10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan.

 

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X