• Jumat, 30 September 2022

Update World Cleanup Day dari Kota Depok, Camat Cilodong: Bersih-bersih Harus Setiap Hari!

- Jumat, 23 September 2022 | 11:38 WIB
Peserta aksi bersih-bersih pada World Cleanup Day di Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Kamis, 22 September 2022 (depok.go.id)
Peserta aksi bersih-bersih pada World Cleanup Day di Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Kamis, 22 September 2022 (depok.go.id)

KABAR ALAM - Camat Cilodong, Bambang Eko Sukmono berharap, aksi bersih-bersih bukan hanya dilakukan pada momen peringatan World Cleanup Day, melainkan setiap hari, minimal di halaman rumah masing-masing.

Hal itu disampaikan Camat Cilodong, Bambang Eko Sukmono pada ski bersih-bersih World Cleanup Day 2022 di RW 22 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Kamis, 22 September 2022.

Ia mengatakan, aksi bebersih lingkungan tidak hanya menjadi seremonial semata karena adanya peringatan World Cleanup Day.

Baca Juga: Termasuk Penyediaan Air Minum dan Sanitasi, Ini 4 Intervensi Sensitif Cegah Stunting!

"Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, Ketua RT dan RW bersama warga harus rutin melaksanakan kerja bakti minimal seminggu satu kali," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Depok.

Apalagi pada musim hujan, Bambang meminta warganya membersihkan saluran air agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk Aedes Aegypti yang bisa mengakibatkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Ia juga meminta kepada Ketua RT dan RW untuk membentuk bank sampah di wilayah. Dengan dibentuknya bank sampah diharapkan masyarakat lebih bijak mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Bentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana di 8 Sekolah

"Keberadaan bank sampah kalau bisa sampai di tingkat RT. Pemilihan sampah yang dilakukan dari sumbernya (rumah tangga) akan sangat membantu mengurangi beban sampah yang masuk ke TPA Cipayung," tandasnya.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X