• Senin, 26 September 2022

Termasuk Penyediaan Air Minum dan Sanitasi, Ini 4 Intervensi Sensitif Cegah Stunting!

- Jumat, 23 September 2022 | 10:32 WIB
 Acara Pendampingan Terpadu Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Aceh yang berlangsung di Aula Serbaguna, Kantor Gubernur Aceh pada Kamis , 22 September 2022 (dinkes.acehprov.go.id)
Acara Pendampingan Terpadu Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Aceh yang berlangsung di Aula Serbaguna, Kantor Gubernur Aceh pada Kamis , 22 September 2022 (dinkes.acehprov.go.id)

KABAR ALAM - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, dr Maria Endang Sumiwi, M.P.H mengatakan, selain terhadap ibu hamil, ada sejumlah intervensi yang perlu dilakukan. Salah satunya intervensi sensitif agar anak tidak masuk kategori stunting.

Dikatakan Maria, intervensi sensitif merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penyebab tidak langsung stunting yang umumnya berada di luar persoalan kesehatan.

Ia mengungkapkan, intervensi ini terbagi 4 jenis yaitu penyediaan air minum dan sanitasi, pelayanan gizi dan kesehatan, peningkatan kesadaran pengasuhan dan gizi serta peningkatan akses pangan bergizi.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Bentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana di 8 Sekolah

Hal itu perlu dilakukan agar dapat diintervensi supaya balita tidak jatuh kepada stunting. Jadi untuk setiap kabupaten/kota, kata Maria, nanti harus dipastikan bahwa itu semua diterapkan dilapangan.

Hal penting lainnya adalah memastikan anak memperoleh Imunisasi Dasar Lengkap. Tujuannya supaya anak-anak tidak sering sakit. Jika anak sering sakit maka pertumbuhannya pastinya juga akan terganggu.

"Nanti kita berharap setelah pendampingan, ini dapat dilakukan untuk seluruh kabupaten," katanya seperti dikutip dari laman Dinas Kesehatan Aceh.

Baca Juga: World Cleanup Day Lombok Barat, SMKN 1 Lingsar Berpartisipasi Membawa Semangat Bersih-bersih Jadi Budaya

Sedangkan untuk intervensi ibu hamil, beberapa hal memang perlu diperhatikan.  Menurutnya, angka stunting tinggi di Aceh dikarenakan situasi yang banyak ditemukan bayi sudah stunting mulai dari lahir. Maka dari itu, kata dia, harus dilakukan intervensi kepada ibu hamil sebelum bayinya dilahirkan.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X