• Jumat, 9 Desember 2022

Keren! Berkat Program Kang Raling Warga Kampung Cilanjung Selaawi Garut Sudah Bisa Membuat Eco Enzym  

- Kamis, 17 November 2022 | 21:28 WIB
Berkat Program Kang Raling Warga RW 07 Kampung CiIanjung Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut,  sudah bisa membuat eco enzyme. Melalui program Kampung Ramah Lingkungan (Kang Raling) yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut dan Gerakan Semangat Selalu Ikhlas (GSSI) (Dok.GSSI)
Berkat Program Kang Raling Warga RW 07 Kampung CiIanjung Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, sudah bisa membuat eco enzyme. Melalui program Kampung Ramah Lingkungan (Kang Raling) yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut dan Gerakan Semangat Selalu Ikhlas (GSSI) (Dok.GSSI)

 

KABARALAM - Berkat Program Kang Raling Warga RW 07 Kampung Cil ralanjung Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut,  sudah bisa membuat eco enzyme. Melalui program Kampung Ramah Lingkungan (Kang Raling) yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut dan Gerakan Semangat Selalu Ikhlas (GSSI), warga belajar tentang bagaimana siklus material organik bekerja. Hasil dari kegiatan bercocok tanam sudah bisa dikonsumsi bersama dan secara rutin mengadakan acara Jumat Bersih (Jumsih).

Menurut Tini Martini Tapran, S.Si., M.Sos selaku Ketua Yayasan GSSI, program Kang Raling sudah diinisiasi sejak Februari tahun 2021. Tini berharap Gerakan ini bisa berlangsung secara berkelanjutan di wilayah Kecamatan Selaawi dan bisa menularkan programmnya hingga ke seluruh pelosok Kabupaten Garut.  

Baca Juga: Cara Petani Bertahan di Tengah Kelangkaan Pupuk

Berkat Program Kang Raling Warga RW 07 Kampung CiIanjung Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, sudah bisa membuat eco enzyme. Melalui program Kampung Ramah Lingkungan (Kang Raling) yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut dan Gerakan Semangat Selalu Ikhlas (GSSI) (Dok. GSSI)

Berkat program Kang Raling,  warga sudah bisa membuat eco-enzyme, yang dibuat dari sampah organik dari kulit buah-buahan segar yang di fermentasi.

Bahan untuk membuat eco-enzyme hanya membutuhkan air, gula merah (molase) sebagai sumber karbon, dan kulit segar buah-buahan atau sayuran.

Eco-enzyme merupakan produk ramah lingkungan yang mudah dibuat oleh siapapun dan menghasilkan manfaat yang banyak, diantaranya :

-menyembuhkan banyak jenis penyakit

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X