• Kamis, 1 Desember 2022

Konsisten Giatkan Gerakan Kang Raling, Warga Kampung Cilanjung Desa Selaawi Membuat Kompos Batu Terawang

- Kamis, 17 November 2022 | 20:36 WIB
pengukuhan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kangraling Cilanjung pada 10 November 2022.  Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut bekerjasama dengan Gerakan Semangat Selalu Ikhlas (GSSI) yang digawangi oleh Tini Martini Tapran, S.Si., M.Sos . (Dok. GSSI)
pengukuhan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kangraling Cilanjung pada 10 November 2022. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut bekerjasama dengan Gerakan Semangat Selalu Ikhlas (GSSI) yang digawangi oleh Tini Martini Tapran, S.Si., M.Sos . (Dok. GSSI)

KABARALAM - Tim Kang Raling Kampung Cilanjung, Desa Selaawi, Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut menyelenggarakan acara penguatan gerakan pengelolaan sampah dan pengukuhan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kangraling Cilanjung pada 10 November 2022.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut bekerjasama dengan Gerakan Semangat Selalu Ikhlas (GSSI) yang digawangi oleh Tini Martini Tapran, S.Si., M.Sos tersebut mempunyai tujuan mencari inspirasi mengedukasi warga dan merancang program yang diharapkan dapat diterapkan di Kampung Cilanjung.

Momentum ini dihadiri oleh 7 Kepala Desa dari 7 Desa di Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, diantaranya Kepala Desa (Kades) Samida Koko Kosasih, Kades Cigawir  Rusman Mulyana, Kades Putrajawa Suparman, Kades Selaawi  Nunu Suparman dan Kades Cirapuhan Ahmad Kosasih. Sedangkan dari Desa Pelita Asih diwakili oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Aidah, dan Desa Mekarsari diwakili oleh Sekdes yaitu Aji Nugraha, S.ST,.

Baca Juga: Ini 5 Provinsi Penyumbang Terbesar PNBP dari Sektor Pemanfaatan Hasil Hutan

pengukuhan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kangraling Cilanjung pada 10 November 2022. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut bekerjasama dengan Gerakan Semangat Selalu Ikhlas (GSSI) yang digawangi oleh Tini Martini Tapran, S.Si., M.Sos . (Dok. GSSI)

Program Kang Raling ini mempu menarik perhatian ke 7 Kades di Kecamatan Selaawi ini, mereka ingin menerapkan program KangRaling di Desa mereka masing-masing. Mereka memberikan dukungan dan motivasi kepada tim KangRaling Kampung Selaawi untuk tetap konsisten dan terus maju dalam menjalankan gerakan ini.

“Saya berharap KangRaling ini bisa berjalan dengan lancar dan mudah-mudahan terus berjalan mengembangkan dan memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kampung ramah lingkungan itu penting bagi kita semua, mudah-mudahan Allah SWT memberikan pertolongan dan kelancaran dalam segalanya,” ucap Nunu Suparman Kepala Desa Selaawi, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut.

Baca Juga: Tambang Nikel Ilegal di Kawasan Hutan dengan Tidak Sah, Ini Ancaman Hukuman untuk Direktur PT BMN

Warga Kampung Cilanjung Desa Selaawi, Kabupaten Garut telah berhasil menerapkan konsep pengelolaan sampah melalui program Kang Raling di lingkungannya.

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menteri LHK Apresiasi Bogor Go Green 7

Minggu, 27 November 2022 | 20:25 WIB
X