• Jumat, 9 Desember 2022

Pertemuan Ilmiah Tahunan PAAI 6: Konflik Kepentingan antara Industri dan Masyarakat dalam Pemanfaatan Airtanah

- Jumat, 11 November 2022 | 02:35 WIB
Pertemuan Ilmiah Tahuna Perhimpunan Ahli Airtanah Indonesia ke 6 pada 8-9 November 2022 di Holiday Inn Hotel Bandung
Pertemuan Ilmiah Tahuna Perhimpunan Ahli Airtanah Indonesia ke 6 pada 8-9 November 2022 di Holiday Inn Hotel Bandung

KABARALAM - Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid Agung Nofianto menyampaikan pentingnya menerapkan konsep pengelolaan air secara total (total water resource management) yang memadukan konsep pengelolaan Cekungan Air tanah (Groundwater Basin) dan Wilayah Sungai (River Basin).   

Hal tersebut disampaikan Wafid dalam acara Pertemuan Ilmiah Tahunan PAAI Ke-6 2022 dengan tema ”Sinergitas Pengelolaan Sumber Daya Air” Selasa - Rabu, 8 – 9 November 2022 di Hotel Holiday Inn Bandung Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat. Menurut Wafid konflik kepentingan rentan terjadi antara industri dan masyarakat dalam pemanfaatan airtanah.

Wafid mengatakan, perundang-undangan yang mengatur tentang air tanah seperti adanya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air merupakan payung hukum untuk sinergisitas pengelolaan air tanah di Indonesia dan menjadi wadah untuk koordinasi antara lembaga / instansi pengelola air tanah dan air permukaan.

Baca Juga: Indonesia Terima Pembayaran Pertama dari Bank Dunia Atas Kinerja Pengurangan Emisi di Kaltim

Menurut Wafid, tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan air tanah adalah terbatasnya ketersediaan air tanah di alam dan maraknya pengambilan sumber air ini karena tuntutan kebutuhan air semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota besar lainnya, pemanfaatan air tanah yang intensif telah menyebabkan konflik kepentingan antara pihak industri dengan masyarakat.

Kerusakan lingkungan di daerah imbuhan air tanah karena penggundulan hutan dan alih fungsi lahan menyebabkan menurunnya kemampuan untuk meresapkan air. 

Pertemuan Ilmiah Tahuna Perhimpunan Ahli Airtanah Indonesia ke 6 pada 8-9 November 2022 di Holiday Inn Hotel Bandung (KABARALAM.com/Mia Nurmiarani)

Baca Juga: 5 Perintah BPOM kepada Tiga Perusahaan Farmasi Setelah Mencabut Izin Edar 69 Obat Sirop

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X