• Jumat, 30 September 2022

Mahasiswa UB Malang Identifikasi 11 Spesies dan Uji Estimasi Stok Karbon Mangrove di Pulau Pedar

- Senin, 12 September 2022 | 20:43 WIB
Sebanyak 11 spesies mangrove teridentifikasi oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (ksdae.menlhk.go.id)
Sebanyak 11 spesies mangrove teridentifikasi oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (ksdae.menlhk.go.id)

KABAR ALAM - Sebanyak 11 spesies mangrove teridentifikasi oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Salma Noer'Aulia di Resort Padar Utara, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo.

Salma tengah melakukan penelitian singkat untuk Praktik Kerja Magang (PKM) pada kawasan ekosistem mangrove. Dari 11 spesies mangrove yang teridentifkasi, 10 di antaranya mangrove mayor.

Sepuluh spesies mangrove mayor temuan Salma adalah Bruguiera gymnorrhiza, Ceriops tagal, Lumnitzera racemosa, Lumnitzera littorea, Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa, Rhizophora lamarckii, Sonneratia alba, dan Xylocarpus moluccensis.

Baca Juga: Dua Korban Tertimbun Longsor Ciamis Dimakamkan, BNPB: Waspada Cuaca Ekstrem!

Sedangkan satu spesies mangrove minor yang ditemukan yaitu Phempis acidula atau yang biasa dikenal dengan sebutan santigi.

Salma berharap akan ada penelitian selanjutnya untuk mengidentifikasi lebih lanjut mengenai jenis spesies mangrove yang ada di Resort Padar Utara.

Selain itu, Salma juga menguji nilai estimasi karbon. Untuk menentukan nilai estimasi stok karbon pada ekosistem mangrove di Resort Padar Utara, Salma membuat 50 plot pengamatan dengan ukuran 10 x 10 meter.

Baca Juga: Wabup Ciamis Luncurkan Gerakan Keluarga PKK Gagah Bencana

Salma menghitung nilai estimasi stok karbon dengan menggunakan beberapa dasar variabel, diantaranya keliling batang pohon, kerapatan, dan tinggi rata-rata pohon dari masing-masing plot pengamatan.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: ksdae.menlhk.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ozon Sedunia, Begini Klaim Menteri LHK Siti Nurbaya

Jumat, 16 September 2022 | 21:44 WIB
X