• Jumat, 30 September 2022

Dua Korban Tertimbun Longsor Ciamis Dimakamkan, BNPB: Waspada Cuaca Ekstrem!

- Senin, 12 September 2022 | 19:50 WIB
Petugas membersihkan material lumpur akibat tanah longsor di Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu 11 September 2022.  Sementara, di Ciamis tanah longsor merenggut 2 korban jiwa. (bnpb.go.id)
Petugas membersihkan material lumpur akibat tanah longsor di Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu 11 September 2022. Sementara, di Ciamis tanah longsor merenggut 2 korban jiwa. (bnpb.go.id)

KABAR ALAM - Dua warga yang ditemukan meninggal dunia akibat tertimbun longsor di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu, 11 September 2022, sudah dimakamkan pada Senin, 12 September 2022.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melaporkan, peristiwa itu terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi pada pukul 20.00 WIB ditambah kondisi tanah yang labil di lokasi kejadian.

Sebanyak 28 KK/88 jiwa di Desa Sukahurip dan Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti terdampak bencana itu. Beberapa warga Desa Sukamaju terpaksa mengungsi di masjid tak jauh dari permukiman.

Baca Juga: Wabup Ciamis Luncurkan Gerakan Keluarga PKK Gagah Bencana

BPBD Kabupaten Ciamis saat ini berfokus pada penanganan longsor di Desa Sukamaju untuk evakuasi dan penyelamatan warga serta pembukaan akses jalan yang tertimbun material longsor.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, cuaca ekstrem yang ditandai dengan peningkatan curah hujan, fenomena hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai petir serta angin kencang diprakirakan masih akan melanda 24 wilayah provinsi di Indonesia, terhitung sejak Sabtu (10/9) hingga sepekan ke depan atau Jumat (16/9).

"Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ke-24 wilayah itu meliputi Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur," kata Muhari seperti dikutip dari laman jabarprov.go.id, Senin, 12 September 2022.

Baca Juga: Konflik Satwa dan Manusia di Cimanggung: 3 Petani Terluka, Macan Tutul Mati

"Adapun Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X