• Jumat, 30 September 2022

Wabup Ciamis Luncurkan Gerakan Keluarga PKK Gagah Bencana

- Senin, 12 September 2022 | 17:14 WIB
Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra dan tim penggerak PKK meluncurkan Gerakan Keluarga PKK Gagah Bencana. (ciamiskab.go.id)
Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra dan tim penggerak PKK meluncurkan Gerakan Keluarga PKK Gagah Bencana. (ciamiskab.go.id)


KABAR ALAM - Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra meluncurkan gerakan Keluarga PKK Gagah Bencana tingkat Kabupaten Ciamis di Aula PKK, Senin 12 September 2022.

Gerakan Keluarga PKK Gagah Bencana diperlukan mengingat Kabupaten Ciamis menempati posisi ke-19 kabupaten/kota rawan bencana se-Jawa Barat.

Keluarga PKK Gagah Bencana atau Keluarga Sehat, Tanggap, dan Tangguh Bencana merupakan salah satu Program Kerja TIm Penggerak (TP)–PKK Kabupaten Ciamis tahun 2022.

Wabup Ciamis mengatakan, wilayah Indonesia dilihat dari kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis termasuk daerah yang rentan bencana, demikian pula dengan Kabupaten Ciamis.

“Kabupaten Ciamis sebagian daerahnya merupakan rawan terkena bencana, seperti pergeseran tanah dan longsor, ” kata Yana seperti dikutip KABARALAM.com dari laman ciamiskab.go.id.

Baca Juga: Tanah Longsor di Ciamis Renggut 2 Korban Jiwa

Lebih lanjut, Yana mengatakan, antisipasi terhadap terjadinya bencana harus dilakukan sedini mungkin.

Sebagai salah satu langkah antisipasinya, Yana menjelaskan, di Kabupaten Ciamis telah dibentuk 7 Kampung Siaga Bencana dan 31 Desa Tangguh Bencana.

“Hal ini merupakan suatu bukti bahwa masyarakat di desa tersebut telah memiliki pola pikir dan pola tindak dalam penanggulangan bencana sehingga mampu menolak kerentanan ancaman dan risiko bencana,” jelasnya.

Peluncuran gerakan Keluarga PKK Gagah Bencana diharapkan dapat turut mengurangi angka risiko rawan bencana Kabupaten Ciamis saat ini.

Selain bencana alam, Yana menyebut terdapat bencana lain yang dialami masyarakat, seperti halnya stunting, kematian ibu, bayi dan balita, kebakaran lingkungan permukiman, serta masalah kelestarian lingkungan.

“Hal ini juga termasuk dalam bencana mengingat dampaknya juga sangat besar,” ujarnya.

Baca Juga: BNPB Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem di 24 Wilayah Indonesia

Sementara itu, Ketua TP PKK Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat mengatakan, kaitannya dengan gerakan keluarga PKK Gagah Bencana ini, TP–PKK pusat telah menetapkan 9 aspek capaian yang di dalamnya meliputi penurunan angka stunting, meningkatnya kesehatan masyarakat, dan terwujudnya keluarga/desa yang tanggap bencana.

“Untuk menyukseskan gerakan ini tentu diperlukan sinergitas lintas sektoral terutama dari penthahelix pilar pembangunan seperti pemerintah, masyarakat, akademisi dan lainnya,” Ucapnya.

Diketahui, dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pula penandatangan komitmen bersama oleh Wakil Bupati Ciamis beserta kepala OPD terkait lingkup Pemkab Ciamis.

“Kami berharap melalui launching, sosialisasi dan penandatanganan komitmen ini akan mencatatkan TP PKK Ciamis sebagai bagian dari masyarakat yang sehat, tanggap, dan tangguh terhadap bencana apapun bentuknya itu,” katanya.***

Editor: Yudi Noorahman

Sumber: ciamiskab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X