• Jumat, 30 September 2022

Konflik Satwa dan Manusia di Cimanggung: 3 Petani Terluka, Macan Tutul Mati

- Senin, 12 September 2022 | 16:29 WIB
Ilustrasi macan tutul (ksdae.menlhk.go.id)
Ilustrasi macan tutul (ksdae.menlhk.go.id)

KABAR ALAM - Konflik satwa dan manusia di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang memakan korban. Selain tiga orang warga harus dilarikan ke rumah saki akibat terluka, macan tutul yang menyerang hewan ternak pun dilaporkan terbunuh.

Dalam siaran pers yang dirilis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, Sabtu, 10 September 2022, menyebutkan, macan tutul (Panthera pardus melas) yang mati di Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, sudah dievakuasi ke Bandung Zoological Garden (Bazooga).

Menurut Kepala BBKSDA Jabar, Irawan Asaad, Ph.D, pengamanan dan pengangkutan macan tutul yang mati ke Bazooga dibantu oleh MMP untuk dilakukan nekropsi atau pemeriksaan penyebab kematian.

Baca Juga: TPA Sarimukti Ditutup, Pemkot Bandung Manfaatkan Lahan Tentara di Padalarang untuk TPST

Penanganan lain yang dilakukan BBKSDA Jawa Barat adalah melakukan sosialisasi penanganan perjumpaan dengan macan tutul sebagai upaya untuk meminimalkan konflik manusia dan satwa liar.

Kemudian, peningkatan kepedulian terhadap kelestarian satwa macan tutul sehingga dapat hidup berdampingan dengan manusia.

Sebelumnya, BBKSDA Jabar menerima laporan dari Kepala Resort Kareumbi Barat SKW III Bandung Bidang KSDA Wilayah II Soreang yang menyebutkan, Ketua MMP Desa Tegalmanggung, Enen Aliwardana Ogin memberikan informasi tentang adanya tiga petani yang mengalami kecelakaan akibat respon macan tutul terhadap upaya pengusiran yang dilakukan warga, Rabu 7 September 2022.

Baca Juga: Tanah Longsor di Ciamis Renggut 2 Korban Jiwa

Ketika itu, warga mencoba mengusir macan tutul yang memangsa ternak di kandang angsa villa milik H. Asep di Blok Cihanjawar, Dusun Tegalsaeutik. Lokasi vila sekitar 2 kilometer dari kawasan konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBGMK).

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X