• Senin, 26 September 2022

Cegah Kerusakan Lingkungan Akibat Erosi, DAS Indragiri Ditanami Pohon

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:25 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya melakukan penanaman pohon di tepian DAS Indragiri Hulu, Riau, Sabtu 13 Agustus 2022.  (ppid.menlhk.go.id)
Menteri LHK Siti Nurbaya melakukan penanaman pohon di tepian DAS Indragiri Hulu, Riau, Sabtu 13 Agustus 2022. (ppid.menlhk.go.id)

KABAR ALAM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya melakukan penanaman pohon di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Sabtu 13 Agustus 2022.

Penanaman ini sebagai salah satu upaya bersama menjaga daerah aliran sungai (DAS) Indragiri dari degradasi dan kerusakan lingkungan sungai akibat erosi.

DAS Indragiri memiliki tingkat erosi atau sedimentasi yang tinggi dan longsoran tebing sungai.

KLHK telah melaksanakan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) kurun waktu 2019-2022 di DAS Indragiri.

Bersama dengan ratusan pelajar, Pramuka dan masyarakat seribu batang bibit pohon ditanam di tepian Sungai Indragiri, Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat.

Baca Juga: Arboretum BPSI LHK Kuok Kini Dilengkapi Taman Edukasi, Ini Sederet Manfaatnya!

Dari seribu bibit, sebanyak 200 batang ditanam serentak dan 800 batang ditanam oleh masyarakat di lingkungan sekitar.

Bibit pohon yang ditanam adalah sentul, gaharu, ketapang, matoa, bambu, pulasan (rambutan hutan), trembesi, pete, jengkol, dan pinang.

Menteri Siti Nurbaya mengatakan, DAS Indragiri merupakan salah satu prioritas nasional. Untuk penanganannya butuh pekerjaan kolaborasi lintas kementerian.

Halaman:

Editor: Yudi Noorahman

Sumber: ppid.menlhk.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X