• Senin, 26 September 2022

Arboretum BPSI LHK Kuok Kini Dilengkapi Taman Edukasi, Ini Sederet Manfaatnya!

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 14:55 WIB
Menteri LHK, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya BakaR, M.Sc. meresmikan taman edukasi di areal arboretum BPSI LHK Kuok, Minggu, 14 Agustus 2022 (Humas KLHK)
Menteri LHK, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya BakaR, M.Sc. meresmikan taman edukasi di areal arboretum BPSI LHK Kuok, Minggu, 14 Agustus 2022 (Humas KLHK)


KABAR ALAM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. meresmikan sebuah taman edukasi di areal arboretum Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSI LHK) Kuok seluas 7,6 hektar, Minggu, 14 Agustus 2022.

Peresmian taman edukasi di areal arboretum BPSI LHK oleh Menteri LHK, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya BakaR, M.Sc. ditandai dengan pengguntingan pita di spot taman lebah.

Pada saat meresmikan taman edukasi di areal arboretum BPSII LHK, Menteri LHK, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya BakaR, M.Sc. didampingi Kepala Badan Standardisasi dan Instrumen (BSI) LHK, jajaran pejabat tinggi Kementerian LHK, aparatur Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar beserta Forum Komunikasi Daerah.

Baca Juga: Ranger Inong, Perempuan Penjaga Kawasan Ekosistem Leuser

Selain meresmikan taman edukasi, pada rangkaian kunjungan kerja ke BPSI LHK Kuok, Menteri LHK juga berdialog dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kelompok Tani Hutan (KTH) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan BPSI LHK Kuok. Pada umumnya, mereka adalah pelaku usaha yang bergerak di sektor kehutanan pada komoditas hasil hutan bukan kayu (HHBK).

Kepala BSI LHK, Ir. Ary Sudijanto, MSE. menyampaikan apresiasi atas capaian kinerja dan transformasi institusi hingga terwujudnya taman edukasi dan adanya mitra penerap standar.

“Terima kasih atas semua upaya dan respon positif tim BPSI LHK Kuok yang pada kesempatan ini mendapatkan apresiasi langsung dari Menteri LHK. Keberhasilan transformasi institusi diwujudkan dalam bentuk perluasan spectrum zona bekerja yang merangkum bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” katanya dalam siaran pers yang diterima KABARALAM.com, Minggu, 14 Agustus 2022.

Baca Juga: Konflik Satwa dan Manusia: Sambut Orang Tua Pulang Melaut, Bocah Lima Tahun Diseret Buaya Muara

“Selain beragam komoditi, konsep penguasaan hulu hingga ke hilir melalui skema pemberdayaan hingga kemitraan patut diteruskan. Hal ini merupakan penegasan BSI sebagai supporting unit di KLHK yang berintegritas melalui waktu,” tambah Ari.

Taman edukasi BPSI LHK merupakan bagian dari program revitalisasi arboretum yang diluncurkan pada tahun 2021. Di dalam arboretum ini terdapat koleksi tanaman dipterocarpa, penghasil serat dan hasil hutan bukan kayu.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X