Kapusluh KLHK Beri Kuliah Umum di Fahutan IPB University, Ini yang Disampaikannya!

- Selasa, 6 Desember 2022 | 20:42 WIB
Sekretaris Departemen Manajemen Hutan, Dr Leti Sundawati  (ipb.ac.id)
Sekretaris Departemen Manajemen Hutan, Dr Leti Sundawati (ipb.ac.id)

 

KABAR ALAM - Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University mengadakan kuliah umum dengan mengundang Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Dr. Sugeng Priyanto.

Kuliah umum Fahutan IPB University ini ini sebagai penutup perkuliahan pada Mata Kuliah Penyuluhan Kehutanan dan Pengelolaan Hutan Rakyat.

Sekretaris Departemen Manajemen Hutan, Dr. Leti Sundawati menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dr. Sugeng Priyanto yang bersedia menjadi dosen tamu untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fahutan IPB University.

Baca Juga: Update BMKG: Gempa Bumi Susulan Terus Menggoyang Jember

Dr. Sugeng Priyanto menjelaskan, penyuluhan merupakan proses pembelajaran bagi pelaku utama dan pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumberdaya lainnya.

Ia menguraikan, pelaksana penyuluh terbagi atas penyuluh kehutanan aparatur sipil negara (ASN), penyuluh kehutanan swasta, dan penyuluh kehutanan swadaya masyarakat (PKSM) atau penyuluh kehutanan swadaya masyarakat.

“Melalui PKSM ini, mahasiswa diberikan akses yang lebar untuk melaksanakan praktik sebagai penyuluh ataupun magang untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di kampus,” katanya seperti dikutip KABARALAM.com dari laman resmi IPB University.

Baca Juga: Air Terjun Cibali, Potensi Wisata Tersembunyi yang Masih Butuh Polesan

Selain itu, katanya, seorang penyuluh kehutanan harus memiliki sifat HEBAT, yaitu handal, empati, berani, aktif dan tangguh.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X