• Senin, 26 September 2022

BKSDA Kalteng Larang Pertunjukan Topeng Monyet

- Rabu, 21 September 2022 | 10:09 WIB
Ilustrasi monyet. (Kev/Pixabay)
Ilustrasi monyet. (Kev/Pixabay)


KABAR ALAM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah (BKSDA Kalteng) mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan kegiatan topeng monyet di wilayahnya.

Hal tersebut juga sebagai tanggapan laporan masyarakat terkait dengan adanya pertunjukan topeng monyet di Kota Palangka Raya, Kalteng, akhir-akhir ini.

Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Direktur Jenderal KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. S.292/KSDAE/KKH/KKH/KSA.2/5/2018 tanggal 4 Mei 2018 tentang Penanganan Kegiatan Topeng Monyet.

Pertunjukan topeng monyet berdampak negatif bagi manusia ataupun satwa monyetnya.

Baca Juga: Wamen LHK: Indonesia Telah Lakukan Upaya Besar dalam Pelestarian Satwa Liar di Bumi

"Pertunjukan topeng monyet yang dilaksanakan di lingkungan masyarakat dapat menimbulkan ancaman terjadinya zoonosis atau perpindahan penyakit dari satwa kepada manusia yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat," ujar Plt. Kepala BKSDA Kalteng, Handi Nasoka dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip akun Instagram BKSDA Kalteng, Rabu 21 September 2022.

Pertunjukan topeng monyet juga tidak menerapkan etika kesehatan dan kesejahteraan satwa (animal welfare) serta salah satu bentuk kekerasan terhadap satwa yang dipaksa untuk melakukan aktivitas meniru tingkah laku manusia sehingga perilaku alaminya terganggu.

Baca Juga: Demi Konten di Medsos, Dua Pria di Tasikmalaya Siksa Satwa Dilindungi Hingga Mati

"Oleh karena itu, kegiatan topeng dilarang untuk dilakukan," tegasnya.

Pada kesempatan ini, BKSDA Kalteng juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan imbalan terhadap kegiatan pertunjukan topeng monyet.

Selain itu, segera melaporkan ke Call Center BKSDA Kalteng (08115218500) jika di wilayahnya ada pertunjukan topeng monyet.***

Editor: Yudi Noorahman

Sumber: Instagram @bksda_kalteng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X