Pesona Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Dari Lautan Pasir Hingga Matahari Terbit di Ranu Kumbolo

- Minggu, 22 Januari 2023 | 20:48 WIB
Lautan Pasir di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) (indonesia.travel)
Lautan Pasir di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) (indonesia.travel)

KABAR ALAM - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memiliki banyak objek daya tarik wisata alal (ODTWA) dengan segala pesonanya.

Karena itulah, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sangat akrab di telinga wisatawan domestik maupun mancanegara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KABARALAM.com dari lamn indonesia.travel, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir seluas 10 km yang disebut Tengger.

Baca Juga: Ini Bunyi Deklarasi Komitmen Bersama Kementerian ESDM dan Perusahaan Pertambangan Provinsi Banten

Di tempat ini, ada empat anak gunung berapi baru berada. Anak gunung berapi tersebut adalah Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Watangan (2.661 m), dan Gunung Widodaren (2.650 m).

Namun, dari deretan gunung tersebut, hanya Gunung Bromo yang masih aktif. Temperatur di puncak Gunung Bromo berkisar 5-18 derajat Celcius. Di arah selatan TNBTS, akan ditemukan dataran terjal yang terbelah oleh lembah dan dihiasi danau-danau yang indah hingga mencapai kaki Gunung Semeru.

Beberapa ODTWA paling hits di TNBTS antara lain laut pasir Tengger dengan luas mencapai 5,250 hektar. Ini menjadi tempat sempurna untuk berjalan kaki atau menunggangi kuda.

Baca Juga: Miliki Beragam Kekayaan SDA Mineral dan Batubara, ESDM Dorong Pengelolaan Pertambangan yang Baik di Banten

Destinasi di alam terbuka lain yang bisa dilakukan adalah mendaki ke puncak Gunung Bromo atau bahkan Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X