Ini 4 Objek Daya Tarik Wisata di Desa Kaduela Kuningan, 2 Dikelola Bumdes Arya Kamuning

- Minggu, 22 Januari 2023 | 17:55 WIB
Talaga Cicerem di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. (Instagram @telagabiruciceremofficial)
Talaga Cicerem di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. (Instagram @telagabiruciceremofficial)

KABAR ALAM - Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, memimiki empat destinasi wisata unggulan. Keempatnya, menjadi destinasi favorit wisatawan.

Dari 4 destinasi wisata di Desa Kaduela tersebut, 2 di antaranya sudah sangat legendaris yaitu Talaga Remis dan Talag Nilem. Kedua objek daya tarik wisata alam (ODTWA) ini dikelola Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kuningan.

Sedangkan dua destinasi wisata lain di Desa Kaduela adalah Talaga Biru Cicerem dan Side Land yang dikelola Bumdes Arya Kamuning.

Baca Juga: Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

"Duanya lagi adalah ODTW yang kami desain sendiri, kami bangun sendiri, serta kami kelola tanpa bantuan dari pihak manapun, yakni Talaga Biru Cicerem, serta Side Land,” ujar Ketua Bumdes Arya Kamuning seperti dikutip dari lamn bumdesaaryakamuning.com.

Side Land merupakn ODTW yang baru dirintis Bumdes Arya Kamuning di bulan Maret tahun 2022 lalu.

Menurut Iim, pembangunan Side Land sebenarnya baru 50 persen. Agar bisa terus melanjutkan penataan dan pengembangan fasilitas tanpa mengandalkan bantuan dari manapun, Side Land langsung dibuka dengan tiket masuk Rp 10 ribu untuk anak-anak dan dewasa Rp. 15 ribu.

Baca Juga: Konsisten Lakukan Reklamasi Laut, Tahun 2023 PT Timah Tbk Targetkan Tenggelamkan Ribuan Artificial Reef

Dalam rencana pengembangannya, Iim berecana mendirikan kedai kopi sebagai upaya sinergisitas dengan Bumdes lain yang memiliki andalan produksi kopi.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X