Tangani Stunting, Perkuat Program TOSS di Garut, IA ITB Jawa Barat Berkomitmen Wujudkan Generasi Juara

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:50 WIB
Pelantikan Kader Muda Sehat di Garut (Dok. IA ITB Jabar)
Pelantikan Kader Muda Sehat di Garut (Dok. IA ITB Jabar)

 


KABAR ALAM - Kabupaten Garut memiliki angka stunting yang cukup tinggi di Jawa Barat. Terdapat 15,6 persen balita yang tergolong stunting atau sekitar 32.000 anak yang mengalami stunting. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr Leli Yuliani. Meski demikian, tambah Leli, Pemkab Garut telah melakukan intervensi melalui program TOSS (Temukan Obati Sayangi Balita Stunting).

Program Temukan, Obati, Sayangi, balita Stunting (TOSS) di Kabupaten Garut saat ini masih berjalan. dr. Leli menerangkan, bahwa pihaknya terus melakukan penimbangan ulang dan memberikan intervensi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa susu dan telur, serta pangan lokal bagi balita stunting.

"Kami sangat mengapresiasi dari IA ITB Jawa Barat, kemudian Rumah Amal Salman, dan Yayasan Bidan Berbagi Indonesia untuk mengadakan acara atau pelatihan kader muda sehat ini, kami sangat mengapresiasi muda-mudahan tidak hanya untuk Banyuresmi, tidak hanya untuk Desa Karyasari, tapi juga untun desa-desa lainnya di Kabupaten Garut seperti itu," katanya.

Baca Juga: Usung Inovasi Penanganan Stunting, IA ITB Jawa Barat Lantik Kader Muda Sehat di Garut

Pada kesempatan terpisah, Ketua IA ITB Jawa Barat menyampaikan apresiasinya terhadap para Kader Muda Sehat yang baru dilantik. Dalam akun instagramnya, Jalu berharap bahwa para kader muda dapat berbaur dengan masyarakat seraya mengajak bersama mengatasi stunting.

“Mengapa Kader Muda Sehat, sebab mayoritas masyarakat kita bukannya tidak peduli kesehatan, namun tidak mengetahui pola hidup sehat dan kebutuhan nutrisi yang wajib dipenuhi. Selain itu, para pemuda alumni program KMS nantinya juga akan membangun keluarga baru yang diharapkan dapat membawa pengetahuan tentang gizi ke keluarga masing-masing,” terang Jalu.

Jalu menambahkan bahwa melalui kolaborasi yang dibangun oleh berbagai macam stakeholder ini, permasalahan stunting di Jawa Barat dapat segera teratasi.

Pelantikan Kader Muda Sehat di Garut (Dok. IA ITB Jabar)

Baca Juga: Gandeng Rumah Amal Salman, Begini Strategi yang Disiapkan IA ITB Jabar untuk Tanggulangi Stunting di Garut

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X