Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

- Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
Suasana berkemah di Side Land, Kabupaten Kuningan. (Instagram @sidelandofficial)
Suasana berkemah di Side Land, Kabupaten Kuningan. (Instagram @sidelandofficial)

KABAR ALAM - Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Side Land di Dusun Bina Bhakti, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahanb, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, belum genpa setahun.

Meskipun demikian, Side Land yang dikelola Badan Usaha Milik Desa Arya Kamuning (Bumdes Arya Kamuning) sudah cukup menarik perhatian wisatawan, apalagi pada musim liburan seperti long weekend Imlek 2023 kali ini.

Dikutip KABARALAM.com dari laman bumdesaaryakamuning.com, fasilitas wisata yang ada di Side Land saat ini adalah 4 kolam renang berbagai ukuran, gazebo, balai pertemuan, sarana photobooth unik berbentuk jembatan, ornamen kupu-kupu lucu, cottage, serta perosotan pada sungai kecil dengan panjang 40 meter.

Baca Juga: Konsisten Lakukan Reklamasi Laut, Tahun 2023 PT Timah Tbk Targetkan Tenggelamkan Ribuan Artificial Reef

Side Land terletak di wilayah perbatasan antara Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Cirebon, tepat di antara hamparan lahan persawahan terasering (berundak).

Di sisi selatan dan barat dikelilingi bukit dan lereng utara Gunung Ciremai. Sedangkan sebelah utara tampak megah berdiri bukit kapur di daerah Bobos, Kecamatan Dukupuntang. Pemandangan di timur terlihat dari kejauhan pemukiman pada tepian pantai, yang keduanya merupakan kawasan Cirebon.

Karena itu, jika berkemah di Side Land, sejak pagi hingga malam akan tersaji suasana alam menakjubkan, mulai sambutan kemunculan sunrise jika cuaca tidak mendung hingga penampakan eloknya kerlap-kerlip cahaya lampu di kawasan warga pesisir Cirebon.

Baca Juga: Penguatan Impelementasi K3, PT Timah Tbk Berikan Refreshment K3 Bagi Mitra Usaha

Ketua Bumdes Arya Kamuning, Desa Kaduela Iim Ibrahim mengatakan, dibangunnya ODTW Side Land dengan luas 2 Ha pada 3 Maret 2022 berawal dari keinginan melengkapi ODTW Talaga Biru Cicerem yang sudah lama mereka kelola. Sebab, di Cicerem tidak memilik kolam renang.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X