Berawal dari Gerakan Sekolah Sungai Klaten, Kali Woro Purba Dikembangkan Jadi Wisata Edukasi

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:38 WIB
Sungai Kali Woro Purba Klaten (klatenkab.go.id)
Sungai Kali Woro Purba Klaten (klatenkab.go.id)

 

KABAR ALAM - Kali Woro Purba merupakan destinasi wisata alam di Kabupaten Klaten yang terus dikembangkan.

Secara administratif, Kali Woro Purba yang tengah dikembangkan menjadi destinasi wisata alam dan edukasi berada Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dikutip KABARALAM.com dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Klaten, Kali Woro Purba merupakan aliran sungai yang berhulu di Gunung Merapi dan hilirnya di Sungai Bengawan Solo melalui Kali Dengkeng.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD Meminta Semua Pihak Bersiap Atasi Karhutla Tahun 2023

Aliran Kali Woro Purba melintasi wilayah Dukuh Kagokan, Dukuh Sarimulyo, dan Dukuh Gunung Ampo di Desa Kemudo.

Pemerintah Desa (Pemdes) Kemudo terus berbenah menggali potensi wisata sungai. Pemdes setempat bakal menjadikannya wisata alam edukatif seperti lokasi outbond, bumi perkemahan, sekolah alam, sekolah PAUD, maupun sekolah sungai.

Saat ini, sekolah sungai sudah didirikan berkat kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan komunitas pegiat sungai yang ada di Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah.

Baca Juga: Dilengkapi Mini Zoo, Arunika Eatery Layak Dikunjungi Bersama Keluarga di Long Weekend Cuti Bersama Imlek 2023

Sekolah Sungai Kali Woro Klaten ini diresmikan pada Agustus 2016 lalu.
Tujuan gerakan sekolah sungai ini adalah untuk melatih dan membekali calon fasilitator sehingga menumbuhkan komitmen dan meningkatkan kapasitas dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya air dan sungai di daerahnya dalam rangka gerakan pengurangan resiko bencana.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X