Berbasis Agribisnis, Ini Sederet Daya Tarik Desa Wisata Sidamukti Majalengka

- Kamis, 8 Desember 2022 | 14:10 WIB
Desa Wisata Sidamukti Majalengka (jadesta.kemenparekraf.go.id)
Desa Wisata Sidamukti Majalengka (jadesta.kemenparekraf.go.id)

KABAR ALAM - Desa Wisata Sidamukti yang berada di Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, merupakan destinasi wisata desa berbasis agribisnis.

Masuk dalam kategori "Maju" dalam daftar yang dirilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Desa Wisata Sidamukti hanya berjarak 7 km dari pusat kota Majalengka dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Mengutip laman jadesta.kemenparekraf.go.id, konsep agribisnis dikembangkan Desa Wisata Sidamukti karena sebagian besar mata pencaharian warganya di bidang pertanian dan perkebunan seperti petani jagung dan padi.

Baca Juga: Wisata Agro Batu Luhur Majalengka Kembangkan Destinasi Berbasis Alam

Meski dekat dengan pusat kota, secara geografis, Desa Sidamukti merupakan wilayah perbukitan dan pegunungan. Karena itu, Pemerintahan Desa Sidamukti mengembangkan dan mengoptimalkan potensi alamnya untuk ragam kegiatan wisata.

Beberapa potensi wisata alam yang sudah berhasil dikembangkan adalah paralayang, paraland, Taman Satwa, Sirkuit Grasstrack, Curug Cisempong, rivertubing/rafting, bumi perkemahan, Stone Garden, Village Market, Kampung Bambu dan Sanggar Seni Budaya.

Destinasi wisata lain yang menjadi unggulan Desa Wisata Sidamukti adalah Pasar Desa Sasana Budaya, Sirkuit Martaguna dan Gunung Karang.

Baca Juga: Hari Disabilitas Internasional : Pesan Bandung untuk Dunia

Sebagai penunjang, Desa Wisata Sidamukti pun melengkapi dirinya dengan berbagai fasilitas pendukung seperti areal parkir, ATM, balai pertemuan, kafe, jungle tracking, kios souvenir, kuliner, musala, outbond, spot foto dan wifi area.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X