Telaga Herang Majalengka, Danau Jernih dengan Dua Larangan yang Harus Dipatuhi

- Selasa, 6 Desember 2022 | 14:02 WIB
Talaga Herang Majalengka (jerukleueut.desa.id)
Talaga Herang Majalengka (jerukleueut.desa.id)

KABAR ALAM - Talaga Herang merupakan satu dari tiga danau yang punya potensi wisata di Dusun Jerukleueut, Desa Lengkongkulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Dua danau lainnya adalah Telaga Loa, dan Telaga Cileuweung.

Dikutip KABARALAM.com dari laman direktoripariwisata.id, air Talaga Herang berasal sungai bawah tanah yang sumbernya dari Gunung Ciremai.

Sesuai namanya, Talaga Herang memiliki air yang jernih. Air jernih ini menjadi daya tarik tersendiri di danau berbatu terjal ini.

Saking jernihnya, ratusan ikan yang hidup di danau ini bisa terlihat jelas. Uniknya ikan di danau ini tidak boleh diambil. Bagi mereka yang menangkapnya akan dikenai denda yang lumayan besar. Jadi, jangan coba-coba menangkap ikan karena petugas objek wisata tersebut akan menangkap Anda.

Para pengunjung kebanyakan berasal dari kelompok anak muda. Mereka duduk di atas batu di tepi danau dan memandangi orang lain yang sedang berenang. Sementara para pedagang pun berderet di bawah pepohonan yang rindang.

Selain tidak boleh menangkap ikan, ketika berada di danau pengunjung juga tidak boleh sombong karena orang sombong bisa celaka.

Menurut cerita penduduk desa sekitar Telaga Herang, sudah ada dua orang yang mati tenggelam di danau ini, padahal keduanya adalah jagoan renang. Konon, menurut saksi mata, sebelum berenang keduanya menyombongkan dirinya sebagai jagoan renang.

Banyak yang berkunjung ke objek wisata ini dari mulai penduduk Majalengka sampai luar kabupaten. Telaga Herang salah satu objek wisata alam yang cukup ramai di kunjungi di saat liburan sekolah.***

 

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X