Potensi Desa Wisata Cipasung Majalengka, Dari Lahan Subur Hingga Nilai Tradisi Luhur

- Senin, 5 Desember 2022 | 12:42 WIB
Tradisi luhur warga Desa Wisata Cipasung Majalengka (jadesta.kemenparekraf.go.id)
Tradisi luhur warga Desa Wisata Cipasung Majalengka (jadesta.kemenparekraf.go.id)

KABAR ALAM - Desa Wisata Cipasung yang berada di Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat masuk dalam kategori berkembang. Artinya, sejumlah potensi yang teridentifikasi masih harus dikembangkan.

Berdasarkan informasi yang dikutip KABARALAM.com dari laman jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Cipasung memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan dan dikembangakan untuk pemajuan kebudayaan dan sektor pariwisata.

Potensi Sumberdaya alam yang subur dan indah serta nilai luhur tradisi yang masih terus dijaga menjadikan Desa Wisata Cipasung sangat potensial dikembangkan.

Baca Juga: Mengenal Seven Summit of Indonesia: Gunung Rinjani, Paling Diincar Wisatawan Lokal dan Mancanegara

Diungkapkan, masyarakat Desa Cipasung masih melaksanakan tradisi leluhur seperti Ngabaliung dan Ngalaksa yang menjadi acara rutin tahunan. Ritual ini sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Mah Esa.

Selain itu, ada juga ritual ruwatan lembur, mitembeyan sebelum melakukan pekerjaan dan tradisi leluhur lainnya yang masih kerap dilakukan oleh sebagian masyarakat desa cipasung.

Potensi wisata lainnya adalah Situs Kabuyutan Gunung Ageung yang terletak di sebuah hutan lindung seluas 62 hektar dengan ketinggian kurang lebih 1000 mdpl di kaki Gunung Cakrabuana.

Baca Juga: Daya Pikat Curug Dengdeng Tasikmalaya, Memiliki Sejuta Pesona Serupa Air Terjun Niagara

Kabuyutan Gunung Ageung merupakan satu dari empat situs yang ada di Kabupaten Majalengka dan berada di bawah pengawasan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Serang. Situs-situs yang berada di bawah BP3 Serang merupakan situs sejarah yang berskala nasional, bukan lokal atau regional.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X