Bikin Penasaran, Ini Misteri dan Mitos di Balik Pesona Curug Gumawang Ciamis

- Rabu, 30 November 2022 | 14:45 WIB
Curug Gumawang Ciamis (visitciamis.com)
Curug Gumawang Ciamis (visitciamis.com)

KABAR ALAM - Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, punya banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. Salah satunya Curug Cigumawang.

Curug Cigumawang yang memiliki ketinggian hingga 40 meter menawarkan pemandangan eksotis buat para pengunjung yang datang.

Dikelilingi batu cadas, Curug Cigumawang mempunya beberapa spot foto alami yang instagramable. Spot foto-spot foto inilah yang banyak diburu wisatawan untuk mengabadikan kunjungannya.

Baca Juga: Sekolah Farmasi dan LPPM ITB Pastikan Bantuan Bencana Cianjur Berkelanjutan

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati aliran air yang jernih dan segar melalui sungai dan kolam kecil yang airnya bersumber dari air terjun itu.

Di balik pesona panorama alamnya, Curug Cigumawang juga menyimpan banyak kisah dan mitos yang menambah daya tarik buat dikunjungi.

Soal penamaan misalnya, seperti dikutip dari laman visitciamis.com, Curug Cigumawang berasal dari bahasa Sunda yang berarti bawang. Ceritanya, pada tahun 1970-an, penduduk yang tinggal di dekat air terjun melihat debit air yang jatuh membentuk bawang, sehingga disebut Cigumawang.

Baca Juga: Sekolah Farmasi dan LPPM ITB Kerahkan 13 Tim Aksi Tanggap Bencana Cianjur

Mitos lain yang berkembang adalah jika sepasang kekasih datang ke Curug Cigumawang, mereka dipastikan akan menikah. Entahlah.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X