Waduk Darma, Destinasi Wisata Alam di Kuningan yang Tak Boleh Terlewatkan

- Rabu, 30 November 2022 | 11:34 WIB
Waduk Darma Kuningan (disporapar.kuningankab.go.id)
Waduk Darma Kuningan (disporapar.kuningankab.go.id)

KABAR ALAM - Berbicara soal objek wisata alam di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Waduk Darma pasti tidak akan terlewatkan. Maklum, destinasi wisata danau buatan ini tergolong favorit wisatawan di Kabupaten Kuningan.

Secara administratif, Waduk Darma berada di Desa Situsari, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Waduk Darma hanya berjarak 12 km barat daya dari pusat kota Kuningan atau 47 km dari arah Cirebon.

Lokasinya yang berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Cirebon-Kuningan-Ciamis memudahkan siapapun untuk menjangkaunya. Bahkan, para pengguna jalan yang tak berniat berwisata pun banyak yang menyempatkan diri rehat sambil menikmati panorama alam di sekeliling Waduk Darma.

Baca Juga: Menantang, Siapa Mau Coba Terbang dengan Paralayang di Munjul Majalengka!

Sebenarnya, seperti dikutip KABARALAM.com dari laman Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabuupaten Kuningan (Disporapar Kuningan), Waduk Darma yang memiliki luas 425 hektare berfungsi sebagai bendungan irigasi dengan kapasitas genangan air maksimum 39.000.000 meter kubik.

Keindahan yang mengelilingi Waduk Darma menjadi salah satu daya tarik wisata yang mempesona. Selain itu, pengunjung bakal dimanjakan dengan fasilitas rekreasi yang dapat dinikmati bersama keluarga.

Beberapa fasilitas wisata yang sudah tersedia antara lain perahu motor yang akan mengantar mengintari waduk, taman bermain anak-anak, flying fox, minitrain, area perkemahan, warung jajanan, kios cinderamata, musala, toilet umum, dan areal parkir.

Baca Juga: Top 5 Hits 29 November 2022, Pesona Raja Ampat Majalengka Kembali Banyak Diburu

Pada momen-momen tertentu, Disporapar Kuningan juga kerap menggelar pentas panggung kesenian dan bahkan Festival Waduk Darma.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X