Ipukan Kuningan Bukan Sekedar Bumi Perkemahan

- Selasa, 29 November 2022 | 16:14 WIB
Surili di Bumi Perkemahan Ipukan Kuningan (ksdae.menlhk.go.id)
Surili di Bumi Perkemahan Ipukan Kuningan (ksdae.menlhk.go.id)

KABAR ALAM - Bumi Perkemahan Ipukan yang berada di Desa Cisantana, Kecamata Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, merupakan salah satu destinasi wisata utama di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Pesona alam pegunungan, lembah yang terhampar hijau, udara segar dan gemericik Curug Cisurian menjadi pemikat wisatawan untuk berkemah di Bumi Perkemahan Ipukan.

Tapi, Bumi Perkemahan Ipukan bukan hanya tempat untuk berkemah. Berdasarkan informasi yang didapatkan KABARALAM.com dari laman ksdae.menlhk.go.id, Ipukan punya potensi wisata menarik lainnya yaitu keanekaragaman hayati.

Baca Juga: Ini 6 Bumi Perkemahan Recommended di Kabupaten Ciamis

Potensi keanekaragaman hayati ini dapat menjadi pembelajaran dan sarana edukasi bagi pengunjung untuk mengetahui kehidupan alam liar yang ada di Ipukan.

Wisata ini bersifat terbatas atau minat khusus karena hanya dapat dilakukan dalam jumlah pengunjung yang tidak banyak.

Ipukan sebagai rumah atau habitat dari beberapa satwa yang statusnya dilindungi undang-undang. Satwa tersebut merupakan satwa kunci (key species) yang menjadi indikator kualitas ekosistem.

Baca Juga: Dibantu Anjing Pelacak, Tim SAR Gabung Lanjutkan Pencarian 9 Korban Gempa Bumi Cianjur

Satwa dilindungi itu antara lain macan tutul Jawa (Panthera pardus melas), elang Jawa (Nisaetus bartelsi) dan surili (Presbytis comata). Untuk melihat satwa tersebut, para pengunjung tidak perlu jauh-jauh masuk ke dalam hutan.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pabrik Terasi di Balik Pesona Side Land Kuningan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:47 WIB
X