• Jumat, 9 Desember 2022

Cara Masyarakat Kampung Kuta Ciamis Menghormati Hutan dan Sumber Mata Air

- Jumat, 25 November 2022 | 19:44 WIB
Rumah adat masyarakat Kampung Kuta Ciamis (dispar.ciamiskab.go.id)
Rumah adat masyarakat Kampung Kuta Ciamis (dispar.ciamiskab.go.id)

KABAR ALAM - Selain eksplorasi panorama alam, Kabupaten Ciamis juga punya destinasi wisata budaya yang sarat dengan kearifan lokal, termasuk yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan hidup. Destinasi wisata itu ada di Kampung Kuta.

Kampung Kuta berada di Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 45 km dari pusat Kota Ciamis.

Kampung Kuta yang terdiri dari 2 RW dan 4 RT berb atasan langsung dengan Dusun Cibodas di sebelah utara, Margamulya di barat dan Sungai Cijolang di timur dan selatan, sekaligus perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca Juga: Mengintip Potensi Tersembunyi di Desa Wisata Selamanik Ciamis

Dikutip KABARALAM.com dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis (Dispar Ciamis), Kampung Kuta merupakan salah satu dusun adat yang masih bertahan di Ciamis.

Masyarakat kampung adat ini masih memegang kearifan lokal dengan budaya pamali atau tabu dalam menjaga keseimbangan alam dan terpeliharanya tatanan hidup bermasyarakat.

Salah satu contoh yang paling menonjol adalah dalam hal pelestarian hutan, mata air dan pohon aren yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Kampung Kuta.

Baca Juga: Bukit Sanghyang Dora, Ini Dia Raja Ampat-nya Majalengka

Sebagai bentuk penghormatan terhadap hutan, warga Kampung Kuta yang masuk ke kawasan hutan tidak pernah mengenakan alas kaki. Tujuannya agar hutan tidak tercemar dan lestari.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X