• Jumat, 9 Desember 2022

Mengintip Potensi Tersembunyi di Desa Wisata Selamanik Ciamis

- Jumat, 25 November 2022 | 15:21 WIB
Desa Wisata Selamanik Ciamis (jadesta.kemenparekraf.go.id)
Desa Wisata Selamanik Ciamis (jadesta.kemenparekraf.go.id)

KABAR ALAM - Selain wisata alam, Kabupaten Ciamis juga punya desa wisata yang keberadaannya sudah diakui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Salah satunya adalah Desa Wisata Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dikutip KABARALAM.com dari laman Jaringan Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf RI, Desa Wisata Selamanik berbasis lingkungan dan budaya.

Basis lingkungan di Desa Wisata Selamanik meliputi pertanian dan perikanan beserta penataannya. Sedangkan basis budaya karena banyak tradisi dan kearifan lokal yang bisa dikembangkan menjadi potensi wisata.

Baca Juga: Bukit Sanghyang Dora, Ini Dia Raja Ampat-nya Majalengka

Desa Selamanik memiliki tiga dusun yang potensial dikembangkan, yaitu Cikananga, Cikembang, dan Selacai.

Dusun Cikananga dengan ikon Kampung KB Wijayakusuma beberapa kali mendapat penghargaan dalam perlombaan, salah satunya homestay-nya.

Di lingkungan Kampung KB Wijayakusuma memiliki beberapa potensi dari bidangnya dengan edukasi pertanian, perikanan, dan semangat Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani Hutan (KTH) yang mendukung. Wisata alam juga tersedia untuk arum jeram di aliran Sungai Cimuntur.

Baca Juga: Merasakan Sensasi Terjun ke Sungai Cibaruyan Ciamis dari Atas Batu Besar di Areal Bekas Tambang Timah

Selanjutnya, Dusun Cikembang memiliki Lembur Berseka Bima Sakti dengan segudang prestasinya. Lembur Berseka merupakan kampung yang diunggulkan untuk wilayah yang bersih sehat dan tertata.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X