• Kamis, 1 Desember 2022

Merasakan Sensasi Terjun ke Sungai Cibaruyan Ciamis dari Atas Batu Besar di Areal Bekas Tambang Timah

- Jumat, 25 November 2022 | 11:34 WIB
Lobang Timah Ciamis (dispar.ciamiskab.go.id)
Lobang Timah Ciamis (dispar.ciamiskab.go.id)

KABAR ALAM - Terjun dari atas batu ke jeram Sungai Cibaruyan yang sangat jernih merupakan salah satu sensasi yang bisa dirasakan saat Anda mengunjungi destinasi wisata Lobang Timah Ciamis di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sesuai namanya, Lobang Timah Ciamis merupakan danau bekas tambang timah yang sudah dieksploitasi sejak massa kolonial Belanda. Destinasi wisata alam ini berada di kaki Gunung Syawal dengan ketinggian 835 mdpl.

Berdasarkan informasi yang dibagikan laman resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis (Dispar Ciamis), selain berenang, aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Lobang Timah Ciamis antara lain menyatukan diri dengan alam serta menikmati panorama yang masih asri dan kersejukan khas pegunungan.

Baca Juga: Menikmati Pesona Tiada Dua Telaga Biru Cicerem, Kuningan yang Viral Sambil Berburu Foto Instagramable

Selain itu, di sepanjang Sungai Cibaruyan pun, wisatawan bisa menemukan beberapa spot foto instagramable untuk sekedar selfi buat konten media sosial.

Hanya saja, karena masih berstatus destinasi wisata rintisan, Lobang Timah masih memerlukan penataan dari Dispar Ciamis di masa datang.

Menurut keterangan Dispar Ciamis, penataan infrastruktur fisik yang perlu dilakukan antara lain akses jalan yang masih bebatuan kasar, fasilitas toilet, kamar mandi dan tempat ibadah, dan sarana penunjang lainnya.

Baca Juga: Misteri Curug Putri Palutungan Kuningan, Tempat Singgah Bidadari yang Berkhasiat Sembuhkan Penyakit

Meskipun demikian, dengan kondisi saat ini yang boleh dibilang masih perawan, pengunjung dijamin bisa tetap menemukan kepuasan usai berwisata ke Lobang Timah.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ipukan Kuningan Bukan Sekedar Bumi Perkemahan

Selasa, 29 November 2022 | 16:14 WIB

Ini 6 Bumi Perkemahan Recommended di Kabupaten Ciamis

Selasa, 29 November 2022 | 14:31 WIB

Yuk, Berpetualang ke Lembah Cilengkrang Kuningan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB
X