• Kamis, 1 Desember 2022

Misteri Curug Putri Palutungan Kuningan, Tempat Singgah Bidadari yang Berkhasiat Sembuhkan Penyakit

- Jumat, 25 November 2022 | 07:26 WIB
Curug Putri Palutungan Kuningan (disparbud.jabarprov.go.id)
Curug Putri Palutungan Kuningan (disparbud.jabarprov.go.id)

KABAR ALAM - Curug Putri Palutungan merupakan salah satu destinasi wisata alam hits di Kabupaten Kuning. Selain panorama alam dan kesejukannya, destinasi air terjun ini sarat misteri dan mitos.

Berada di kaki Gunung Ciremai, Curug Putri Palutungan secara administratif terletak di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KABARALAM.com dari berbagai sumber, termasuk laman resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar), Curug Putri Palutungan diyakini masyarakat setempat sebagai tempat singgah para bidadari.

Baca Juga: Breaking News: Gempa Bumi Susulan Cianjur Dirasakan Hingga Bogor dan Sukabumi

Suasana yang masih asri membuat wisatawan betah menghabiskan waktu di curug setinggi 20 meter ini. Pemandangan kian menakjubkan ketika hujan turun. Sebab, jika sedang beruntung, pelangi di atas curug sering terlihat yang oleh masyarakat diyakini sebagai tanda turunnya para bidadari dari khayangan.

Tak hanya itu, mitos lainnya menyebutkan, air dari Curug Putri Palutungan sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tak heran jika ada banyak wisatawan yang datang khususnya pada hari-hari tertentu untuk mengambil manfaat lain dari daya tarik wisata ini.

Selain air terjun, kawasan Curug Putri Palutungan sering dijadikan tempat berkemah. Karena itu Curug Putri Palutungan sangat tepat dikunjungi bersaa keluarga atau teman-teman.

Baca Juga: Top 5 Hits 24 November 2022: Pesona Curug Bangkong Kuningan Mulai Mencuri Perhatian

Fasilitas yang sudah disediakan pengelola di kawasan wisata alam ini antara lain toliet umum untuk pengunjung, musala, gazebo, akses jalan yang cukup baik dan spot foto instagramable.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ipukan Kuningan Bukan Sekedar Bumi Perkemahan

Selasa, 29 November 2022 | 16:14 WIB

Ini 6 Bumi Perkemahan Recommended di Kabupaten Ciamis

Selasa, 29 November 2022 | 14:31 WIB

Yuk, Berpetualang ke Lembah Cilengkrang Kuningan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB
X