• Jumat, 9 Desember 2022

Curug Tujuh Cibolang Ciamis, Salah Satunya Berkhasiat Sembuhkan Penyakit Kulit

- Kamis, 24 November 2022 | 14:07 WIB
Curug Tujuh Cibolang Ciamis (dispar.ciamiskab.go.id)
Curug Tujuh Cibolang Ciamis (dispar.ciamiskab.go.id)

KABAR ALAM - Curug Tujuh Cibolang merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Ciamis. Dengan mengitari bukit di kaki Gunung Sawal, pengunjung bisa menikmati keindahan tujuh air terjun tersebut.

Dari sisi pengelolaan, Curug Tujuh Cibolang berada di kawasan Perhutani Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Panjalu Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciamis. Secara administratif, air terjun ini berada di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KABARALAM.com, termasuk dari laman resmi Perhutani, salah satu keindahan Curug Tujuh Cibolang adalah tujuh air terjun yang letaknya berdekatan. Bahkan, curug 4 dan 5 letaknya berdampingan, hanya berjarak 2 meter.

Baca Juga: Digelar Secara Hybrid, ITB Selenggarakan ICPERE 2022 dengan Topik Utama Energi Berkelanjutan

Dengan demikian, untuk menikmati keindahan dan keasrian ketujuh air terjun tersebut, pengunjung cukup mengitari bukit dan menapaki jalan setapak, mulai dari kaki ke puncak bukit dan kembali lagi.

Setiap air terjun memiliki nama yaitu, Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Ketujuh curug ini mengalirkan air ke Sungai Cibolang dan Cimantaja

Curug Satu merupakan air terjun yang paling besar dengan ketinggian hampir mencapai 120 meter dengan lebar sekitar 15-20 meter. Di sisi kirinya terdapat tebing datar.

Baca Juga: Sempat Melawan, Buron Pemodal Perambahan Hutan di TN Tesso Nilo Dibekuk KLHK dan Polda Riau

Sementara lokasi Curug Dua berada di bawahnya. Konon, di salah satu curug ini airnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Sebab air terjun yang mengalir berasal dari kawah Gunung Sawal yang mengandung belerang.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X