• Jumat, 9 Desember 2022

Benarkah Ada 1.000 Goa di Taman Batu Gunung Karang Majalengka? Sebaiknya Cek Langsung dengan Menyambanginya!

- Kamis, 24 November 2022 | 12:15 WIB
Taman Batu Gunung Karang Majalengka (Instagram /@adeomz_/bijb.co.id)
Taman Batu Gunung Karang Majalengka (Instagram /@adeomz_/bijb.co.id)

KABAR ALAM - Namanya Taman Batu Gunung Karang. Destinasi wisata alam bebatuan purba itu terletak di di Blok Pancurendang Landeuh, Kelurahan Babakanjawa, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Taman Batu Gunung Karang sebenarnya berupa tumpukan batu berukuran sangat besar. Di antara, tumpukan itu ada sebuah batu besar dan berongga hingga terbentuk dan tampak seperti goa. Tumpukan batuan itu mirip stone garden.

Berdasarkan informasi yang didapatkan KABARALAM.com dari laman bijb.co.id, panjang goa di Taman Batu Gunung Karang ini lebih dari 30 meter, membentang dari timur ke barat. Kondisi goa-goa ini pun beragam. Ada yang ukuran sempit, tapi ada juga yang lebar.

Baca Juga: Buka Munas Ipehindo, Wamen LHK: Pengendali Ekosistem Hutan Harus Berkontribusi dalam Upaya Konservasi

Saking banyaknya goa yang terbentuk di tumpukan batuan ini, Taman Batu Gunung Karang sering disebut sebagai Gunung Karang 1.000 Goa.

Entah mitos atau fakta, goa-goa tersebut pernah digunakan sebagai tempat para pejuang Kemerdekaan RI saat mengusir penjajah. Mereka berkumpul dan mengatur strategi pertempuran dan berlindung di goa ini.

Keunikan lain yang dapat dinikmati pengunjung Taman Batu Gunung Karang adalah hamparan panorama alam yang indah di dataran rendah Jatiwangi dan Kadipaten.

Baca Juga: Viral, Aksi Berkelas Jepang di Piala Dunia 2022: Timnasnya Gilas Jerman 2-1, Fansnya Punguti Sampah di Stadion

Hal ini dapat dinikmati ketika terlihat dengan jelas kelokan Sungai Cimanuk dan aliran Sungai Cilutung dari puncak bukit ini.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X