• Jumat, 9 Desember 2022

Mengintip Keajaiban Telaga Nila Majalengka yang Bikin Penasaran

- Rabu, 23 November 2022 | 15:05 WIB
Telaga Nila Majalengka (Instagram/@itapuspitasari26/bijb.co.id)
Telaga Nila Majalengka (Instagram/@itapuspitasari26/bijb.co.id)

KABAR ALAM - Jangan salah mengartikan. Destinasi wisata Telaga Nila di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini, bukanlah danau yang banyak ikan nilanya. Nila di sini berarti biru.

Telaga Nila atau Telaga Biru ini merupakan danau yang bersumber dari sebuah air terjun di antara perbukitan yang hijau. Berada di kaki Gunung Ciremai menjadikan cuaca dan udara di sekitar Telaga Nila sangat sejuk dan segar.

Berdasarkan informasi yang didapatkan KABARALAM.com dari laman bijb.co.id, eksotisme Telaga Nila sangat dipengaruhi oleh warna airnya yang membiru jernih. Saking jernihnya, dasar telaga pun dapat terlihat dengan jelas.

Baca Juga: Selama Tiga Hari, SITH ITB Diskusikan Teknologi Terkini Translational Omics dan Bioinformatika

Disebutkan, waktu yang tepat untuk menyambangi danau ini adalah saat musim hujan tiba. Sebab, pada musim hujan debit air Telaga Nila cukup tinggi.

Sebaliknya, pada musim kemarau, debit airnya pun akan surut, sehingga warna telaganya pun akan berubah menjadi hijau, bahkan danau ini suatu saat bisa menjadi kering. Fenomena keajaiban alam inilah yang menjadikan Telaga Nila layak dikunjungi.

Namun, pengunjung perlu ekstra kehati-hatian jika datang di tempat wisata alami ini. Sebab, di sekitar Telaga Nila belum ada pedagang yang berjualan. Bahkan fasilitas wisata juga belum dibangun.

Baca Juga: Situ Lengkong Panjalu Ciamis Menjadikan Hutan Nusa Gede Tetap Perawan dan Keramat

Bagi pengunjung suka tantangan dan mencari spot instrgamable yang baru dan masih perawan tentu bisa menjajaki berkunjung ke Telaga Nila ini.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X