• Jumat, 9 Desember 2022

Menikmati Pesona Telogo Warno dan Pengilon, Taman Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Dataran Tinggi Dieng

- Senin, 21 November 2022 | 16:57 WIB
Telogo Warno dan Telogo Pengilon di kawasan Dataran Tinggi Dieng. (ksdajateng.id)
Telogo Warno dan Telogo Pengilon di kawasan Dataran Tinggi Dieng. (ksdajateng.id)

KABAR ALAM - Taman Wisata Alam Telogo Warno dan Telogo Pengilon di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, menawarkan keindahan dan keunikan.

Suasana sejuk, asri dengan fasilitas yang memadai membuat Telogo Warno dan Pengilon sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga.

Seperti dikutip dari laman ksdajateng.id, Telogo Warno merupakan danau air tawar yang permukaannya tampak berwarna-warni, sedangkan Telogo Pengilon permukaannya bening seperti cermin (bahasa Jawa: pengilon = cermin).

Kedua telaga ini letaknya berdekatan pada hamparan Dataran Tinggi Dieng yang terletak pada ketinggian + 2.100 m di atas permukaan laut.

Pada Telogo Warno terdapat kawah yang mengeluarkan belerang yang bila bercampur dengan air telaga akan menimbulkan warna-warni bila terkena sinar matahari.

Uniknya, meskipun letaknya bersebelahan dengan Telogo Warno, air di Telogo Pengilon tetap tawar sehingga kita dapat menemukan ikan yang hidup di telaga ini.

Baca Juga: Gempa Terkini: Longsor Tutup Ruas Jalan, Jalur Cianjur-Puncak Terputus

Untuk menuju Telago Warno tidaklah sulit karena lokasinya mudah ditemukan. Akses menuju kawasan wisata ini dapat ditempuh dari pusat Kota Wonosobo dengan menggunakan roda empat maupun roda dua.

Telogo Warno dan Pengilon ditetapkan sebagai kawasan taman wisata alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 740/Kpts/Um/11/1978 tanggal 30 November 1978 seluas 39,60 ha.

Halaman:

Editor: Yudi Noorahman

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X