• Jumat, 9 Desember 2022

Masyarakat Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Merbabu Kembangkan Top Selfi di Resort Wonolelo

- Senin, 21 November 2022 | 12:50 WIB
Salah satu spot foto di Top Selfie Taman Nasional Gunung Merbabu (tngunungmerbabu.org)
Salah satu spot foto di Top Selfie Taman Nasional Gunung Merbabu (tngunungmerbabu.org)

KABAR ALAM - Dulu, tujuan berwisata adalah sekedar reffreshing, menyegarkan pikiran dan kepenatan aktivitas rutin. Nah sekarang, orang berwisata itu untuk ekspresi dan eksistensi diri. Salah satunya melalui dokumentasi pengalaman wisatanya melalui kamera, termasuk selfie atau swafoto.

Perubahan tujuan psikologis berwisata itu tidak terlepas dari perkembangan teknologi digital dan media sosial yang semakin canggih. Melalui foto atau video, sekarang wisatawan bisa mengekspose eksistensi dan pengalaman wisatanya.

Dikutip dari laman Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb), saat ini, masyarakat tidak memerlukan lokasi wisata yang luas dengan sarana dan prasarana lengkap. Sebab, yang mereka cari adalah spot-spot menarik yang memiliki potensi visual lanskap yang eksotis untuk menjadi latar foto selfie-nya yang mengundang simpati dan komentar kolega dan teman.

Baca Juga: Beda dengan Air Terjun Lainnya, Yuk Sambangi Curug Baligo di Padaherang Majalengka!

Cukup dengan mencari sudut yang pas pada lokasi dengan potensi visual lanskap yang menarik lalu ambil gambar dan share di sosial media di Facebook, BBM, Whatsapp dan Instagram sudah menjadi kepuasan tersendiri.

Perubahan perilaku inilah yang ditangkap masyarakat desa di sekitar kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. Lahan masyarakat yang memiliki potensi visual lanskap eksotis disulap menjadi lokasi wisata.

Lokasi yang memiliki pemandangan lanskap yang luas atau keunikan tertentu diberi sentuhan sedikit dengan membangun spot selfie seperti tempat duduk, gardu pandang tradisional, landmark (tulisan), hammock dan lain sebagainya myang engundang ribuan pengunjung.

Baca Juga: Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Taman Nasional Meru Betiri Lepas Liarkan Elang Ular Bido

Setidaknya ada 2 dusun berhasil memanfaatkan tren wisatawan dan potensi wisata di sekitar desanya, yaitu TopSelfi di Kragilan dan Grenden di Pogalan. Pendapatan yang didapatkan dari kunjungan wisatawan ini berupa jasa parkir, warung makan, jasa foto dan sewa hammock.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X