• Kamis, 1 Desember 2022

Beda dengan Air Terjun Lainnya, Yuk Sambangi Curug Baligo di Padaherang Majalengka!

- Senin, 21 November 2022 | 12:01 WIB
Curug Baligo Majalengka (Instagram/@cirebontraveling/bijb.co.id)
Curug Baligo Majalengka (Instagram/@cirebontraveling/bijb.co.id)

KABAR ALAM - Kabupaten Majalengka sepertinya sangat banyak memiliki destinasi wisata air terjun eksotis. Salah satunya Curug Baligo yang berada di Blok Baligo, Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi.

Berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Curug Baligo diapit oleh dua bukit yakni Bukit Baligo dan Bukit Padabeunghar yang arealnya masuk ke wilayah Kabupaten Kuningan.

Berbeda dengan air terjun lainnya, banyak orang bilang, Curug Baligo memiliki keunikan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang. Apa keunikannya?

Baca Juga: Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Taman Nasional Meru Betiri Lepas Liarkan Elang Ular Bido

Berdasarkan infomarsi yang didapatkan KABARALAM.com dari laman bijb.co.id, Curug Baligo dinilai cukup unik karena mampu membentuk dua buah kolam secara alami. Kolam itu terbentuk dari limpahan dari air terjun itu yang mengalir seperti sungai.

Keunikan ini bisa terlihat jelas ketika pengunjung memandang sungai kecil di bawah curug yang ketinggiannya kurang lebih 100 meter ini. Beberapa meter dari curug ini, airnya pun sudah terasa seperti tetesan embun yang menetes. Air curugnya pun mengalir di sungai ini selebar 5 meter.

Menurut penduduk di sekitar lokasi, aliran sungai kecil ini tidak pernah surut. Airnya pun tetap jernih, karena air berasal dari mata air pengunungan, selain itu. di sungai ini banyak terdapat bebatuan yang dapat memungkinkan menjernihkan air sungai tersebut secara alami.

Baca Juga: Hari Maleo Sedunia 21 November, Ini Sejarah Penetapan dan Keunikan Burung Endemik Sulawesi Tersebut

Keunikan yang dimiliki Curug Baligo tentu saja mengundang kepenasaran wisatawan. Paling tidak, air terjun ini bisa menjadi destinasi pilihan ketika wisatawan berkunjung ke Taman Nasional Gunung Ciremai untuk menemukan spot foto instagramable yang alami.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ipukan Kuningan Bukan Sekedar Bumi Perkemahan

Selasa, 29 November 2022 | 16:14 WIB

Ini 6 Bumi Perkemahan Recommended di Kabupaten Ciamis

Selasa, 29 November 2022 | 14:31 WIB

Yuk, Berpetualang ke Lembah Cilengkrang Kuningan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB
X