• Kamis, 1 Desember 2022

Batu Panjang Ciamis, Situs Budaya Perhutani Peninggalan Purba yang Sarat Misteri

- Minggu, 20 November 2022 | 19:05 WIB
Situs Batu Panjang Ciamis (dispar.ciamiskab.go.id)
Situs Batu Panjang Ciamis (dispar.ciamiskab.go.id)


KABAR ALAM - Situs Batu Panjang yang terletak di Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, merupakan salah satu destinasi wisata alam dan budaya.

Berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, Situs Batu Panjang Jahim berada di Perkebunan Pinus Blok Jahim yang dikelola Perhutani KPH Ciamis.

Berdasaarkan informasi yang dihimpun KABARALAM.com dari laman perhutani.co.id,
kesejukan alam yang masih terjaga, pepohonan menghijau dan gemercik air masih terdengar akan menyapa setiap wisatawan yang datang ke Situs Batu Panjang.

Baca Juga: Situ Wangi Destinasi Wisata Andalan Ciamis

Karena merupakan kabuyutan, di Situs Batu Panjang ada seorang kuncen atau juru kunci bernama Ki Idi Shahidin. Kabuyutan yang berada di ketinggian sekitar 1.100 mdpl ini berada tepat di pinggir jalan lintas desa yang cukup ramai dilalui kendaraan bermotor karena merupakan jalur alternatif yang menghubungkan kedua kabupaten.

Ciri kabuyutannya dapat dilihat dari rimbunan pepohonan hutan yang masih tersisa di antara dominasi pohon-pohon pinus, sehingga mudah untuk mengenalinya.

Keindahan alam sudah terasa manakala akan memasuki kawasan hutan pinus. Baik dari arah Majalengka maupun dari Ciamis, panorama luas akan terhampar. Di Sebelah utara, membentang Sawah Lega Cikijing dan sekitarnya. Sedangkan dari arah selatan membentang hamparan pesawahan Sukamantri dan sebagian Panjalu.

Baca Juga: Yuk Berkunjung, Ini 6 Destinasi Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Merbabu

Keberadaan Situs Batu Panjang sudah dikenal sejak lama di kalangan masyarakat sekitarnya. Luasnya sekitar 1.000 meter persegi.

Bagi sebagian masyarakat, pegunungan ini juga disebut Gunung Bitung karena terkait dengan keberadaan Situs Gunung Bitung yang berjarak beberapa kilometer ke arah timur, yaitu di Desa Wangkelang, Kampung Pawijen, Kecamatan Cingambul, Majalengka.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ipukan Kuningan Bukan Sekedar Bumi Perkemahan

Selasa, 29 November 2022 | 16:14 WIB

Ini 6 Bumi Perkemahan Recommended di Kabupaten Ciamis

Selasa, 29 November 2022 | 14:31 WIB

Yuk, Berpetualang ke Lembah Cilengkrang Kuningan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB
X