• Jumat, 9 Desember 2022

Belajar Hidroponik dan Berburu Buah Tangan dari Blok Cirumput Desa Wisata Bantaragung Majalengka

- Minggu, 20 November 2022 | 08:37 WIB
KWT Binangkit Cirumput adalah komunitas masyarakat Blok Cirumput yang berada di Desa Wisata Bantaragung, khususnya para ibu rumah tangga yang bergerak dalam bidang pertanian hidroponik (Dok. Desa Wisata Bantaragung)
KWT Binangkit Cirumput adalah komunitas masyarakat Blok Cirumput yang berada di Desa Wisata Bantaragung, khususnya para ibu rumah tangga yang bergerak dalam bidang pertanian hidroponik (Dok. Desa Wisata Bantaragung)

KABAR ALAM - Salah satu tujuan pengembangan Desa Wisata Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat adalah keterlibatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Salah satu komunitas masyarakat yang terlibat langsung dalam pengembangan Desa Wisata Bantaragung adalah Kelompok Wanita Tani Binangkit Cirumput (KWT Binangkit Cirumput).

KWT Binangkit Cirumput adalah komunitas masyarakat Blok Cirumput yang berada di Desa Wisata Bantaragung, khususnya para ibu rumah tangga yang bergerak dalam bidang pertanian hidroponik.

Baca Juga: Top 5 Hits 19 November 2022, Misteri di Balik Pesona Gunung Batu Tilu Majalengka Masih Paling Banyak Dicari

KWT Binangkit Cirumput memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai macam tanaman sayur-sayuran dan juga tanaman hias.

Berdasarkan Rencana Kerja Pengelolaan Desa Wisata Bantaragung 2022 dari Bumdesa Agung Mandiri, ke depannya potensi KWT Biangkit Cirumput akan dijadikan wisata edukasi hidroponik.

Di sini, para wisatawan tang datang bisa belajar bagaimana memanfaatkan pekarangan rumah supaya bisa lebih bernilai ekonomis.

Baca Juga: Pangandaran Digoyang Gempa M 5.3, Guncangan Terasa hingga ke Kota Bandung

Selain itu, di Blok Cirumput juga dikembangkan berbagai jenis cinderamata yang dinamakan Cirumput Handcraft.

Cirumput Handcraft masih satu kawasan dengan KWT Binangkit. Di sini terdapat pengrajin cinderamata khas Desa Bantaragung yang masih dibuat secara tradisional dengan mengandalkan keterampilan tangan dan kreativitas pengrajinnya.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X