• Jumat, 9 Desember 2022

Berinteraksi dengan Monyet Jinak di Taman Kera Plangon Cirebon

- Kamis, 17 November 2022 | 14:52 WIB
Monyet jinak berkeliaran di Taman Kera Plangon Cirebon (direktoripariwisata.id)
Monyet jinak berkeliaran di Taman Kera Plangon Cirebon (direktoripariwisata.id)


KABAR ALAM - Taman Kera Plangon yang berada di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, merupakan destinasi alam sekaligus religi.

Bisa dikategorikan wisata alam karena kawasan ini merupakan hutan dengan salah satu satwa yang berkeliaran bebas adalah kera atau monyet. Makanya, kawasan ini disebut Taman Kera Plangon.

Di Taman Kera Plangon juga terdapat makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan yang banyak dikunjungi orang untuk berziarah.

Baca Juga: Cara Petani Bertahan di Tengah Kelangkaan Pupuk

Berdasarkan informasi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar), kawasan keramat merupakan hutan yang berada pada bukit. Luas kawasan tersebut sekitar 48 hektar.

Hutan ini dibatasi kebun dan sawah di sebelah utara, Sungai Cipager di timur, sawah di selatan, dan jalan raya di sebelah barat. Untuk memasuki komplek ini melewati gerbang yang berada di barat laut.

Dengan melewati jalan berundak yang berkelok, pengunjung akan sampai di puncak bukit tempat makam keramat. Pada lokasi tertentu di sepanjang jalan berundak tersebut disediakan selter untuk istirahat bagi peziarah yang kelelahan.

Baca Juga: Thekelan, Jalur Pendakian Legendaris Gunung Merbabu via (Konon) Pintu Masuk Kerajaan Gaib dan Jembatan Setan

Di sepanjang jalan berundak tersebut dapat disaksikan tingkah polah kera liar yang jinak. Konon, kera-kera tersebut merupakan peliharaan Pangeran Panjunan.

Di puncak bukit merupakan tanah datar yang sudah dilengkapi berbagai bangunan fasilitas bagi para peziarah seperti pendapa dan kamar kecil. Fasilitas ini dibangun pada 2005/2006. Bangunan cungkup makam berada di bagian utara halaman menghadap ke selatan.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X