• Jumat, 9 Desember 2022

Curug Kapak Kuda Majalengka, Air Terjun 'Perawan' yang Punya Banyak Spot Alami Instagramable

- Kamis, 17 November 2022 | 07:23 WIB
Curug Kapak Kuda Majalengka (direktori-wisata.com)
Curug Kapak Kuda Majalengka (direktori-wisata.com)


KABAR ALAM - Jaraknya lumayan jauh dari pusat kota Majalengka. Sekitar 45 km dengan waktu tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor 1,5 jam. Namun, "keperawanan" Curug Kapak Kuda atau Curug Tapak Kuda mampu menjadi magnet bagi wisatawan untuk tetap mengunjunginya.

Kenapa disebut masih "perawan"? Maksudnya, Curug Kapak Kuda atau Curug Tapak Kudayang terletak di Dusun Tapak Kuda, Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini, belum banyak dikunjungi wisatawan dan suasananya masih sangat asri.

Berdasarkan informasi yang didapatkan KABARALAM.com dari laman bijb.co,id, Curug Kapak Kuda atau Curug Tapak Kuda mempunyai ketinggian sekitar 20 meter.

Baca Juga: Top Hits 16 November 2022, Kisah Pengkhianatan di Situ Sangiang Majalengka Paling Banyak Dicari

Sebelum sampai ke Curug Tapak Kuda, sepanjang perjalanan wisatawan sudah mendapatkan sajian panaroma alam yang asri berupa perbukitan hijau dan hamparan terasering persawahan.

Air terjun ini terdiri dari dua tingkat yang mengalir di antara lembah sempit. Tingkatan pertama lebih tinggi dari tingkatan kedua.

Curug ini juga menjadi sumber air bagi warga yang tinggal di sekitarnya. Aliran airnya sebagian besar disalurkan melewati pipa-pipa yang dialirkan ke rumah-rumah warga. Sisanya disalurkan melewati saluran air irigasi kecil untuk pengairan sawah-sawah warga.

Baca Juga: Mengenal Kawah Ratu, Destinasi Wisata Alam di TNGHS dengan Fitur Lengkap dengan Vegetasi Tumbuhan Unik

Untuk wisatawan yang punya hobi fotografi, datang ke Curug Tapak Kuda sangat direkomendasikan karena banyak spot alami yang instragamable.

Letak curug pun cukup tersembunyi. Wisatawan yang datang ke kawasan ini perlu untuk melalui jalan-jalan setapak juga pematang sawah sehingga perlu hati-hati selama di perjalanan.***

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X