• Jumat, 9 Desember 2022

Menikmati Sunset dan Memancing Gratis di Setu Sedong Cirebon

- Selasa, 15 November 2022 | 10:22 WIB
Setu Sedong Cirebon (Instagram/@setu_sedong)
Setu Sedong Cirebon (Instagram/@setu_sedong)

KABAR ALAM - Dulu namanya Setu Pengasinan. Namun kini, waduk atau danau buatan di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon itu lebih dikenal dengan sebutan Setu Sedong.

Ketika pertama kali dibuat pada tahun 1918, Setu Sedong berfungsi menampung air hujan dan sungai sebagai pengairan daerah pertanian sekitar Kecamatan Sedong.

Selain sebagai pengairan dan irigasi, Setu Sedong juga menyimpan kelebihan air pada musim hujan. Dengan kedalaman 5-10 meter, dengan luas hampir 150 hektare, penampungan air untuk kebutuhan irigasi tercukupi, dengan syarat tidak terjadi kekeringan berkepanjangan di daerah ini.

Baca Juga: Menikmati Matahari Terbit dan Terbenam dari Sela Gunung di Buper Cidewata Majalengka

Dikutip KABARALAM.com dari laman budaya-indonesia.org, Setu Sedong memiliki sejarah yang cukup panjang bagi masyarakat di sekitarnya. Dibangun pada zaman kolonial Belanda yang selesai pada tahun 1918, Setu Sedong mulai diairi pada tahun 1921. Awalnya, setu ini digunakan sebagai pengairan bagi perkebunan tebu pabrik Gula Sindanglaut.

Seiring perubahan zaman, Setu Sedong yang berada di Desa Karangwuni, Sedonglor dan Panongan, Setu Sedong beralih fungsi menjadi sumber pengairan pertanian para para petani di sekitarnya.

Selain sebagai sumber pengairan pertanian, Setu Sedong juga mempunyai potensi yang cukup menjanjikan yaitu sebagai objek wisata. Setu yang berada di ketinggian 300 mdpl ini mempunyai sunset yang sangat indah.

Baca Juga: Mengenal Jalur Pendakian Cuntel di Taman Nasional Gunung Merbabu

Selain keindahan panorama matahari terbenamnya, para pecinta wisata alam bisa juga memanjakan diri memancing secara gratis. Selama ini, Setu Sedong merupakan tempat pemancingan umum yang cukup diminati mancingmania.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X