• Kamis, 1 Desember 2022

Taman Raden Benadi, Destinasi Wisata Alam Baru di Palimanan Cirebon

- Senin, 14 November 2022 | 14:22 WIB
Taman Raden Benadi Palimanan Cirebon (Facebook Kang Imron)
Taman Raden Benadi Palimanan Cirebon (Facebook Kang Imron)

KABAR ALAM - Keindahan Taman Raden Benadi di Desa Kepuh, Kecamatan Palimanan, menjadi daya tarik baru bagi para wisatawan di Kabupaten Cirebon. Selain memiliki tempat yang mempesona dengan latar belakang Gunung Ciremai, taman ini dikelilingi hamparan sawah dan wahana air yang indah.

Di Taman Raden Benadi, pengunjung bisa menikmati keindahan taman dengan mengapung mengitari kolam, ditambah sejuknya udara dan wahana taman bersih dengan biaya yang murah.

Diresmikan tahun lalu, Taman Raden Benadi telah banyak dikunjungi para wisatawan lokal. Hampir setiap hari di waktu sore, destinasi wisata ini padat didatangi puluhan orang.

Baca Juga: B20 Investment Forum : Kurangi Dampak Perubahan Iklim, Adopsi Teknologi dan Energi Baru Terbarukan

Dikutip KABARALAM.com dari laman cirebonkaton.dprd.cirebonkab.go.id, Taman Raden Benadi dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kepuh. Semula tempat tersebut hanya berupa balong yang dikenal warga dengan sebutan Balong Kepuh yang tak terurus.

Namun, semua berubah setelah Maskari, Kuwu Desa Kepuh menjabat kepala desa. Maskari melihat potensi besar di kawasan sekitar balong. Ia pun tak ingin ide itu hanya terpendam di pikirannya. Ia cepat mendiskusikan dengan Bumdes untuk merencanakan pembangunan wisata.

Meski sempat mengalami pro dan kontra dari beberapa kelompok masyarakat, Maskari tak menyerah untuk mewujudkan sumber daya alam di Desa Kepuh menjadi bermanfaat.

Baca Juga: Dinkes Kota Tangerang Sisir Obat Sirop 'Terlarang' di Apotek, Fasilitas Kesehatan dan Toko Obat

Setelah melalui diskusi dan rencana, Maskari pun mulai membangun wisata di atas lahan seluas 1,5 hektare tersebut dengan dana desa dan tambahan bantuan modal dari dana CSR Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon. Ia pun memperbaiki taman yang ada di dekat balong dan melengkapi fasilitas MCK, musala hingga pengadaan tempat sampah di beberapa titik.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ipukan Kuningan Bukan Sekedar Bumi Perkemahan

Selasa, 29 November 2022 | 16:14 WIB

Ini 6 Bumi Perkemahan Recommended di Kabupaten Ciamis

Selasa, 29 November 2022 | 14:31 WIB

Yuk, Berpetualang ke Lembah Cilengkrang Kuningan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB
X