• Jumat, 9 Desember 2022

Situ Pajaten Cirebon, Lubang Bekas Tambang Disulap Jadi Tempat Wisata Eksotis

- Minggu, 13 November 2022 | 16:22 WIB
Situ Pajaten Cirebon (desacikahalang.com)
Situ Pajaten Cirebon (desacikahalang.com)


KABAR ALAM - Situ Pajaten adalah sebuah objek wisata perbukitan yang berada di Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Jaraknya sekitar 17 kilometer dari Kota Cirebon dan dapat ditempuh dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Situ Pajaten merupakan aset desa yang sangat potensial untuk lebih dikembangkan menjadi kawasan wisata masyarakat umum yang sangat terjangkau dan nyaman.

Untuk menarik wisatawan Disbudparporak Kabupaten Cirebon membuat kawasan wisata Pajaten agar terlihat lebih menarik. Tujuannya agar wisatawan merasakan dengan nyaman dengan sumber mata air yang berlimpah dan pepohonan hijau, rindang dan sejuk dengan udara yang masih alami dengan panorama dibawah kaki bukit Gunung Ciremai.

Baca Juga: Wana Wisata Ciwaringin Cirebon Sangat Recomended untuk Berkemah dan Outbond

Situ Pajaten memiliki luas area sekitar 5,5 hektar. Wilayah Situ Pajaten awalnya merupakan area penambangan pasir, batu kapur dan cadas yang termasuk dalam kategori galian C yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Namun pada akhirnya, sekitar akhir tahun 2009, Situ Pajaten telah berubah bentuk dan fungsi menjadi area yang setidaknya dapat dijadikan area taman wisata dan memiliki potensi lainnya sehingga dapat meningkatkan pendapatan pemerintahan desa dengan meninjau dari segi aspek kehidupan ekonomi masyarakat sekitar.

Situ Pajatrn yang berada di ketinggian 300 mdpl dikelilingi perbukitan dan sumber air berlimpah sehingga dapat memberikan kontribusi sumber air kepada para petani guna mengairi area persawahan di sekitarnya.

Baca Juga: Yuk Uji Nyali ke Curug Sawer Argalingga Majalengka, Air Terjun Perawan yang Masih Penuh Misteri

Sebelum memasuki area Situ Pajaten juga terdapat beberapa wisata Rumah Makan Ikan Bakar yang dapat mendukung faktor kepariwisataan di sekitar wilayah tersebut.***

 

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X