• Kamis, 1 Desember 2022

Menyaksikan Kura-kura Langka di Desa Belawa Cirebon

- Sabtu, 12 November 2022 | 23:11 WIB
Desa Belawa yang berada di Kecamatan Lemahabang merupakan salah satu destinasi wisata alam alternatif di Kabupaten Cirebon (cirebonkab.go.id)
Desa Belawa yang berada di Kecamatan Lemahabang merupakan salah satu destinasi wisata alam alternatif di Kabupaten Cirebon (cirebonkab.go.id)

KABAR ALAM - Desa Belawa yang berada di Kecamatan Lemahabang merupakan salah satu destinasi wisata alam alternatif di Kabupaten Cirebon.

Dstinasi wisata Desa Belawa berjarak kira-kira 25 km dari kota Sumber ke arah timur.

Objek wisata adi Desa Belawa memiliki daya tarik dari kura-kura yang mempunyai ciri khusus di punggung dengan nama latin ”Aquatic Tortose Ortilia norneensis”.

Dikutip KABARALAM.com dari laman cirebonkab.go.id, menurut penelitian, kura-kura di Desa Belawa ini merupakan spesies langka dan patut dilindungi keberadaannya.

Baca Juga: Menikmati Kesejukan dan Suasana Romantis di Bukit Gronggong Cirebon

Obyek wisata ini dikembangkan menjadi kawasan yang lebih lengkap berupa Taman Kura-kura (turle park) atau taman reptilia.

Objek wisata ini juga menyimpan cerita legenda. Dikutip dari nativeindonesia.com, dulu ada seorang pemuda yang bernama Jaka Saliwah, pemuda ini mempunyai fisik kulit sebelah hitam dan sebelahnya lagi putih, yang membuatnya merasa terasing akan keunikan yang dimilikinya.

Dikarenakan sering dibuli, dia akhirnya pergi mendatangi seorang syekh yang bernama Syekh Datuk Putih dan berguru padanya. Selama bertahun-tahun Jaka Saliwah belajar ngaji, dengan tujuan supaya warna kulitnya dapat berubah normal seperti yang lainnya.

Baca Juga: Breaking News: Gempa Bumi Bermagnitudo 5.3 Goyang Barat Daya Garut, Tak Berpotensi Tsunami

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ipukan Kuningan Bukan Sekedar Bumi Perkemahan

Selasa, 29 November 2022 | 16:14 WIB

Ini 6 Bumi Perkemahan Recommended di Kabupaten Ciamis

Selasa, 29 November 2022 | 14:31 WIB

Yuk, Berpetualang ke Lembah Cilengkrang Kuningan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB
X