• Jumat, 9 Desember 2022

Mitos Ikan Situ Sangiang yang Tak Boleh Diambil, Benarkah Jelmaan Prajurit Kerajaan?

- Sabtu, 12 November 2022 | 12:41 WIB
Ikan di Situ Sangiang yang konon jelmaan prajurit kerajaan (Instagram/(@)dgita___)
Ikan di Situ Sangiang yang konon jelmaan prajurit kerajaan (Instagram/(@)dgita___)

KABAR ALAM - Ketika berwisata ke Situ Sangiang yang terletak di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, pengunjung dipastikan akan melihat ikan besar berwarna-warna yang sangat banyak, apalagi kalau diberi makan.

Pertanyaan pertama yang tergolong dilontarkan para pengunjung Situ Sangiang kepada pemandu wisata, pedagang, atau siapapun, adalah apakah ikan itu enggak pernah ditangkap dan dimasak?

Yup, itulah salah satu mitos yang sangat dipercaya oleh warga lokal. Seperti dikutip KABARALAM.com dari laman ksdae.menlhk.go.id, Situ Sangiang diyakini sebagai tempat "ngahiang" (moksa) Sunan Talaga Manggung dan keratonnya ketika dikhianati menantunya, Patih Palembang Gunung pada abad ke 15. Sejak itu, tempat ini raib dan baru ditemukan kembali pada masa penjajahan Belanda.

Baca Juga: Top 5 Hits 11 November 2022, Kearifan Lokal Situ Sangiang Majalengka Masih Banyak Dicari

Masyarakat setempat percaya, keberadaan pohon nunuk dan ikan di Situ Sangiang harus terus dijaga. Pohon Nunuk dipercaya sebagai gerbang kerajaan Talaga Manggung. Sedangkan Ikan merupakan jelmaan prajurit kerajaan.

Karena itu warga tidak ada yang berani mengambil ikan dari Situ Sangiang, apalagi menyengaja untuk memakannya.

Bahkan, bila ada ikan yang mati, maka harus dikuburkan layaknya manusia. Pamali ini tidak boleh dilanggar, karena masyarakat setempat percaya hal itu akan mengakibatkan malapetaka.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Pemimpin KTT G20 Diagendakan Tanam Mangrove di Tahura Ngurah Rai, Ini Tujuannya!

Walaupun di luar nalar, mistis dan kearifan lokal masyarakat setempat turut melestarikan Situ Sangiang sehingga terhindar dari tangan-tangan jahil.***

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X