• Kamis, 1 Desember 2022

Wagub Sumatera Barat Resmikan Jalur Pendakian Proklamator TWA Gunung Marapi

- Senin, 31 Oktober 2022 | 07:58 WIB
Peresmian jalur pendakian Proklamator TWA Gunung Marapi. (bksdasumbar.org)
Peresmian jalur pendakian Proklamator TWA Gunung Marapi. (bksdasumbar.org)

KABAR ALAM – Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy meresmikan jalur pendakian Proklamator Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Pemberian nama jalur pendakian Proklamator dilatarbelakangi oleh sejarah bahwa sang proklamator kemerdekaan Indonesia, Bung Hatta, pernah tinggal di pesanggrahan.

Sisa bangunan pesanggarahan tersebut berada di sekitar jalur pendakian Proklamator berupa cerobong asap dan fondasi rumah.

Peresmian ini juga menandai dimulainya sistem baru pengelolaan pendakian Gunung Marapi yang dilakukan oleh BKSDA Sumbar yang didukung SOP pendakian yang mengutamakan keselamatan pendaki maupun kelestarian kawasan.

“Pemprov Sumatera Barat mengharapkan dengan adanya jalur pendakian Proklamator ini akan terbangun sinergitas antara pemerintah pusat, Pemprov Sumatera Barat, Pemkab Agam, Tanah Datar, sampai pemerintahan nagari Batu Palano, Koto Baru, dan Aia Angek bahu membahu memajukan ekowisata di kabupaten Agam dan Tanah Datar,” ujar Audy Joinaldy seperti dikutip KABARALAM. com dari laman resmi BKSDA Sumbar, Senin 31 Oktober 2022.

Baca Juga: 5 Manfaat Vanili untuk Kesehatan, Si Harum yang Kaya Antioksidan dan Antibakteri

Sementara itu, Direktur PJLKK, Nandang Prihadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah gencar-gencarnya melakukan pemulihan pariwisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Dengan dibukanya kembali kawasan konservasi bagi pengunjung wisata, akan terbuka pula peluang usaha bagi masyarakat sekitar kawasan dalam pemanfaatan jasa lingkungan di kawasan TWA Gunung Marapi.

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Ardi Andono mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan mendukung peresmian jalur pendakian Proklamator.

Halaman:

Editor: Yudi Noorahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ipukan Kuningan Bukan Sekedar Bumi Perkemahan

Selasa, 29 November 2022 | 16:14 WIB

Ini 6 Bumi Perkemahan Recommended di Kabupaten Ciamis

Selasa, 29 November 2022 | 14:31 WIB

Yuk, Berpetualang ke Lembah Cilengkrang Kuningan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB
X