Jumat, 15 November 2019
News & Nature
Wisata Alam

Bunaken Dikunjungi Menko Maritim dan Investasi

Jumat, 1 November 2019

Di sela agenda kegiatan Archipelagic and States (AIS) Forum 2019

Bunaken Dikunjungi Menko Maritim dan Investasi
ksdae.menlhk.go.id
Di sela agenda kegiatan Archipelagic and States (AIS) Forum 2019 di Manado, Kamis (31/10/2019), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Panjaitan, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Komandan Lantamal VIII serta delegasi menteri negara-negara sahabat mengunjungi Pulau Bunaken

Manado -- Di sela agenda kegiatan Archipelagic and States (AIS) Forum 2019 di Manado, Kamis (31/10/2019), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Panjaitan, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Komandan Lantamal VIII serta delegasi menteri negara-negara sahabat mengunjungi Pulau Bunaken.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Farianna Prabandari menerangkan tentang potensi ekowisata wisata bahari serta pengembangan wisata alam yang ada di Taman Nasional Bunaken, termasuk pelibatan para pihak, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan masyarakat.

Baca Juga: TN Bunaken Pulihkan Ekosistem Terumbu Karang

Fariana mengatakan, sebagaimana Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengelolaan Terpadu Taman Nasional dan Kawasan Konservasi Perairan Nasional Tahun 2018-2025, pengembangan Taman Nasional Bunaken dalam mendukung pariwisata antara lain dengan mengembangkan potensi wisata di Pulau Mantehage melalui mangrove park dan jalur pendakian di Pulau Manado Tua.

Interkoneksi wisata alam di Taman Nasional Bunaken dari kegiatan selam dan snorkelling dengan wisata daratan diharapkan mampu meningkatkan peran masyarakat dalam mendapatkan manfaat dan peningkatan kapasitas dari kegiatan wisata, serta para pihak seperti pemerintah daerah untuk pengembangan ekonomi berkelanjutan dan pelaku usaha dari aspek branding.

Baca Juga: Bunaken Pulihkan Ekosistem Terumbu Karang

"Peluang-peluang pengembangan potensi wisata alam di Taman Nasional Bunaken akan memberikan nilai tambah dan pengakuan keunggulan destinasi wisata yang unik dan spesifik di Sulawesi Utara," tutur Farianna.

Setelah menanyakan terkait hal-hal yang dibutuhkan dalam pengembangan potensi wisata, Luhut langsung menghubungi kementerian terkait untuk pemenuhannya.

Rasa takjub dan apresiasi rombongan saat melihat keindahan bawah laut, dengan menaiki Subsea di area Likuan I dan Likuan II divespot perairan Pulau Bunaken, dimana yang sebelumnya singgah di Pantai Liang dan makan siang bersama di OASIS Dive Resort. 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR