Jumat, 15 November 2019
News & Nature
Wisata Alam

Tana Bentarum Ajak Crosser Jadi Agen Konservasi

Senin, 28 Oktober 2019

Cross Trobos 2019

Tana Bentarum Ajak Crosser Jadi Agen Konservasi
ksdae.menlhk.go.id
Cross Trobos merupakan salah satu rangkaian acara Festival Danau Sentarum (FDS) 2019

Kapuas Hulu -- Cross Trobos merupakan salah satu rangkaian acara Festival Danau Sentarum (FDS) 2019. Acara yang diorganisasi Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) ini diselenggarakan pada Sabtu (26/10/2019), pukul 08.00-18.00 WIB. 

Cross Trobos 2019 dilaksanakan di Kecamatan Batang Lupar (Lanjak), Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Rute Cross Trobos 2019 melewati desa penyangga kawasan dan tampak pula pemandangan Danau Sentarum di beberapa titik. Start dan finis di lapangan Kecamatan Batang Lupar. 

Baca Juga: Perahu Bidar Tradisional Awali Semarak FDS 2019

Cross Trobos 2019 diikuti oleh 73 orang crosser yang berasal dari Badau, Sintang, Lanjak, dan Putussibau, Kalimantan Barat. Acara ini diselenggarakan untuk merangkul anak muda yang berjiwa pemberani dan menyukai tantangan dalam menjalankan aksi konservasi. 

Kepala Bidang Teknis Konservasi TaNa Bentarum, Ardi Andono, STP., M.Sc dalam sambutannya menyebutkan, acara ini bukan hanya ajang bersenang-senang. "Kami berharap ke depannya para crosser menjadi bagian dari kami, menjadi agen konservasi,” katanya.

Baca Juga: TaNa Bentarum Promosikan Makanan Ramah Lingkungan

Peserta sangat antusias dengan acara ini. Semangat para peserta tidak hanya tertuju pada medan yang menantang, tetapi juga konservasi lingkungan. Hal tersebut tampak pada minimalisasi penggunaan plastik, tidak membuang sampah sembarangan, serta membawa tumbler saat perjalanan. 

Peserta Cross Trobos 2019 tidak hanya kaum laki-laki, tetapi juga wanita. Terdapat seorang crosser wanita dalam acara ini dengan semangat yang luar biasa. “Ini memang bukan kali pertama saya mengikuti motor cross. Saya tertantang dengan medan di sekitar TaNa Bentarum ini,” ujar Brigita Mulyana, crosser wanita di Cross Trobos 2019.

Baca Juga: Pesona Ekowisata Tana Bentarum di IIOutFest 2019

Rute sejauh kira-kira 20 km berhasil dilalui crosser. Medan yang menantang dengan variasi rintangan berupa bukit, semak, sungai dan lumpur menambah semangat para crosser. Vijay, seorang crosser berusia 60 tahun mengakui bahwa track Cross Trobos 2019 sangat menantang. “Saya tidak menyangka medan cross ini sangat atraktif, lebih sulit dari yang saya perkirakan. Tetapi, medan seperti inilah yang semakin menambah semangat saya dalam motor crossing,” katanya.

Selain acara motor cross, terdapat pula pembagian doorprize kepada peserta yang beruntung dalam undian. Harapannya, doorprize tersebut akan meningkatkan semangat para crosser dan bersedia bergabung kembali dalam acara Cross Trobos selanjutnya. Acara ditutup oleh ketua tim panitia Cross Trobos 2019, Junaidi, S. Hut, M. Si, “Acara Cross Trobos ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi dengan para crosser yang memiliki semangat membara dalam menaklukan setiap tantangan. Harapannya, para crosser dapat berpartisipasi kembali tahun depan,” katanya.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR