Jumat, 15 November 2019
News & Nature
Wisata Alam

Perahu Bidar Tradisional Awali Semarak FDS 2019

Jumat, 25 Oktober 2019

Berlangsung tiga hari

Perahu Bidar Tradisional Awali Semarak FDS 2019
ksdae.menlhk.go.id
perlombaan perahu bidar tradisional di Sungai Kapuas, Kamis (24/10/2019)

Putussibau -- Semarak Festival Danau Sentarum (FDS) 2019 dibuka pada Jumat (25/10/2019). Berbagai perlombaan bakal menghiasi selama FDS. Mulai dari perahu bidar tradisional, festival minum madu, karnaval budaya, cross trobos, pameran produk masyarakat, lomba olahraga tradisional, pentas seni dan hiburan rakyat.

Even pertama yang digelar menjelang pembukaan adalah perlombaan perahu bidar tradisional. Even ini mengangkat kebiasaan masyarakat lokal dalam menggunakan perahu untuk berbagai aktivitas di sungai dan danau. Masyarakat dan peserta sangat antusias mengikuti perlombaan yang diadakan di Sungai Kapuas.

Baca Juga: TaNa Bentarum Promosikan Makanan Ramah Lingkungan

Ada 35 buah perahu bidar yang berasal dari Kecamatan Suhaid, Embaloh Hilir, Bunut Hulu dan Bunut Hilir, Kalis, Putussibau Selatan dan Putussibau Utara yang turut berpartisipasi. 

Perlombaan memperebutkan hadiah Total Rp.19.000.000 serta Piala resmi dibuka Plh. Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, Bung Tomo dan Plh. Kepala Balai Besar Tana Bentarum, Gunawan Budi Hartono beserta seluruh peserta dan masyarakat. Lomba Perahu Bidar ini akan berlangsung selama tiga hari, 24-26 Oktober 2019.

“Dengan adanya perlombaan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini kami berharap para peserta lebih semangat untuk mempersiapkan diri dalam bertanding dan kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi wisata Kapuas Hulu dengan menggangkat kearifan lokal masyarakat,” ujar Gunawan.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR