Jumat, 15 November 2019
News & Nature
Wisata Alam

TNBB Bekali Masyarakat Buka Peluang Ekowisata

Senin, 21 Oktober 2019

Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat

TNBB Bekali Masyarakat Buka Peluang Ekowisata
ksdae.menlhk.go.id
Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat yang berada di Gilimanuk

Gilimanuk -- Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat yang berada di Gilimanuk. Kegiatan diadakan  di Plataran Bajul Ecolodge PT. Trimbawan Swastama Sejati yang merupakan salah satu Pengusahaan Pariwisata Alam di TN Bali Barat.

Peserta  kegiatan sebanyak 30 orang adalah masyarakat desa penyangga dari Gilimanuk yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kelompok Swadaya Masyarakat Gilimanuk (FKK SMG) binaan Balai TNBB dan Kelurahan Gilimanuk.

Baca Juga: TNBB Kerja Bersama dengan Kelompok Masyarakat

Acara dibuka KSBTU TNBB, Gebyar Andyono,S.Si, M.Si. mewakili Kepala Balai TN Bali Barat. Dalam sambutannya, ia menyampaikan, kegiatan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat merupakan wujud nyata TNBB dalam meningkatkan SDM untuk pengelolaan ekowisata berbasis masyarakat.

Sebagai pemateri, Kepala SPTN Wilayah I, Ali Purwanto, S.Hut,M.Sc. menyampaikan tentang role model ekowisata berbasis masyarakat dan Manager Site The Palataran Harmony, Yusuf Arif Rahman menyampaikan tentang pengelolaan  operator ekowisata dan pengemasan pemaketan dan pemasaran ekowisata.

Baca Juga: Promosi Kehati di Kawasan Konservasi ala TNBB

Kegiatan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat bertujuan menambah pengetahuan masyarakat khususnya dalam mengelola objek wisata sehingga mampu berperan aktif dalam pengelolaan ekowisata berbasis masyarakat. Selama berlangsung kegiatan terjadi diskusi interaktif antara peserta dengan narasumber. Diskusi tersebut dapat menciptakan peluang bisnis baru sebagai wujud nyata dan implementasi dalam pengelolaan ekowisata.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR